cara masuk recovery mode macbook pro

Cara Masuk Recovery Mode Macbook Pro Dalam 2 Langkah

*Artikel diperbarui pada 20 Juli 2023

Selain mengetahui cara menggunakan perangkat, pengguna juga harus mengetahui cara masuk Recovery Mode Macbook Pro karena hal tersebut sama pentingnya. Benda pipih garapan Apple tersebut memang memiliki beragam jenis Macbook dan sistem pengoperasiannya yang berbeda.

Sehingga jelas saja jika tidak sedikit user Macbook biasa yang tidak mengerti dengan kinerja Macbook Pro dan cara mengatasinya. Untuk itu berikut akan diberikan penjelasan terkait pengenalan Recovery Mode dan cara masuknya pada Macbook Pro.

Mengenal Recovery Mode Macbook Pro

Adanya istilah ini pada umumnya sama halnya seperti Recovery Mode pada umumnya dan tidak hanya pada perangkat Macbook Pro saja. Fitur ini merupakan sebuah layanan yang disediakan untuk membantu adanya permasalahan pada perangkat tersebut.

Termasuk dalam perangkat Macbook Pro yang merupakan perangkat kekinian namun juga sedikit riskan dengan terjadinya sebuah kendala. Itu mengapa Recovery Mode pada perangkat ini sangat penting dan berguna serta semua usernya harus tahu cara menggunakannya.

Sebenarnya pada beberapa perangkat Macbook, fitur ini sudah aktif dengan sendirinya sejak awal perangkat tersebut digunakan. Namun untuk Macbook Pro sendiri memang pemberlakuan khusus dilakukan mengingat banyak pengguna yang merasa pengaktifan otomatis sedikit mengganggu.

Fungsi Recovery Mode Macbook Pro

Sebelum mengetahui bagaimana cara masuk Recovery Mode Macbook Pro sudah pasti juga harus mengetahui lebih dahulu apa saja fungsinya. Hal ini agar pengguna tahu bahwa penggunaan Recovery Mode sangat baik untuk kesehatan perangkat yang digunakan.

1. Menghapus Boot Drive

Adanya boot drive akan menjadi permasalahan tersendiri karena jenis virusnya akan menyebar dan mempengaruhi kinerja sistem jika dibiarkan. Dalam hal ini, Recovery Mode akan menghapus boot drive yang berpotensi akan memberikan kendala berlebih untuk perangkat.

2. Menginstal Ulang Perangkat

Macbook Pro dikenal sebagai perangkat yang selalu memerlukan penginstalan pada sistem dan terlihat pada notifikasinya. Dengan aktifnya Recovery Mode maka perangkat akan melakukan install ulang dengan cara otomatis ketika perangkat sedang dalam keadaan menyala.

3. Repair Beberapa Aplikasi

Siapa sangka jika aplikasi juga bisa saja mengalami kerusakan entah karena adanya virus ataupun karena tanggal dari aplikasi telah kadaluarsa. Fitur ini akan melakukan perbaikan aplikasi agar sistem yang bekerja di dalamnya masih dapat digunakan.

4. Repair File Ekstrak

Kerusakan juga bisa terjadi pada file yang disebut sebagai file ekstrak dan biasanya karena beberapa hal seperti kesalahan penyimpanan. Pengguna dapat masuk dalam Recovery Mode dan memperbaiki file tersebut agar dapat terdeteksi oleh sistem Macbook.

Cara Masuk Recovery Mode Macbook Pro

Setelah mengenal apa itu fitur yang bernama Recovery Mode dan apa saja fungsinya maka pengguna bisa mengetahui cara masuknya. Karena seperti yang diketahui jika layanan ini bukanlah sebuah aplikasi yang dengan mudah ditemukan pada perangkat.

1. Melalui Tombol Command

Macbook Pro memiliki salah satu tombol khusus bernama Command yang tidak dimiliki oleh user dari perangkat lain termasuk Windows. Ini merupakan salah satu tombol banyak fungsi yang dalam penggunaannya dengan kombinasi tekanan pada tombol lainnya.

Begitu juga dengan Recovery Mode yang bisa masuk dengan menggunakan fitur rahasia ini yang banyak direkomendasikan pada sumber informasi lainnya. Lakukan langkah berikut untuk masuk dalam Recovery Mode dengan menggunakan cara mudah berikut ini:

  • Siapkan perangkat yang sudah dinyalakan sebelumnya setidaknya selama lima menit.
  • Tekan tombol ‘Command’ dan ‘R’ dalam beberapa waktu dan muncul Apple logo pada layar perangkat.
  • Pilih opsi ‘Timing’.
  • Klik ‘Recovery Mode’.
  • Selesai. Pengguna dapat menyesuaikan perintah kerja berikutnya sesuai dengan keperluan.

2. Melalui Tombol Power

Mode pemulihan ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan tombol power yang biasanya digunakan untuk menyalakan perangkat. Dalam menggunakannya perlu diperhatikan jika pengguna tidak perlu untuk menyalakan perangkat terlebih dahulu atau perangkat dalam keadaan mati.

Karena nyatanya sama seperti tombol Command, tombol power juga memiliki banyak fungsi selain untuk menghidupkan perangkat saja. Pengguna dapat melakukan langkah berikut ini untuk dapat masuk dalam Recovery Mode melalui tombol power adalah sebagai berikut:

  • Siapkan perangkat yang mati.
  • Tekan tombol power beberapa saat hingga muncul tulisan ‘Memuat Opsi Boot’.
  • Input username dan kata sandi perangkat.
  • Klik ‘Ok’.
  • Selesai. Pengguna sudah masuk dalam Recovery Mode yang tersedia pada Macbook Pro.

Demikian penjelasan terkait apa dan bagaimana cara masuk Recovery Mode Macbook Pro yang benar agar pengguna tidak salah langkah. Pastikan juga setiap step yang diberikan dapat dilakukan dengan teliti agar tidak terjadi kerusakan perangkat tersebut.

Check Also

cara mereset macbook pro seperti baru

3 Cara Mereset Macbook Pro Seperti Baru Lagi

*Artikel diperbarui pada 2 November 2023 Bagi yang mengalami MacBooknya bermasalah atau terasa lemot dan …

Theme Settings