hackintosh mac os catalina

Ketahui Tempat Download Hackintosh Mac OS Catalina Terbaru

*Artikel diperbarui pada 27 Juni 2023

Bagi pengguna Windows yang ingin mencoba menggunakan Mac OS, terdapat alternatif yang biasa dicoba, yaitu Hackintosh. Berikut penjelasan mengenai Hackintosh dan tempat download Hackintosh Mac OS Catalina, Mac OS keluaran paling baru.

Mac OS original yang ada di dalam device resmi Apple memang menarik karena efisiensi prosesor dan fiturnya. Namun harganya sangat mahal. Hackintosh dapat menjadi solusi bagi pengguna non-Apple yang ingin mencoba ekosistem Apple.

Apa itu Hackintosh?

Sebelum mengetahui tempat download Hackintosh Mac OS Catalina, perlu dipelajari lebih dahulu apa itu Hackintosh. Hackintosh adalah driver alternatif bagi device non-Apple, untuk memiliki sistem operasional Mac OS atau OS X.

Jadi, Hackintosh dapat diinstal di laptop non-Apple. Kemudian sistem operasionalnya akan berubah dari Windows, Microsoft, atau Google, menjadi driver Mac OS atau OS X.

Hackintosh ini dimanfaatkan oleh pengguna laptop non-Apple yang ingin mencoba ekosistem Apple namun terhalang harga atau hal lain. Hackintosh sendiri memiliki kekurangan dan kelebihan.

Karena driver ini bukan resmi keluaran Apple, maka metode penggunaan Hackintosh ini sebenarnya adalah hacking. Dan karena sistem operasi asli milik Apple bernama Macintosh, karena itulah metode ini dinamakan Hackintosh.

Tempat Download Hackintosh Mac OS Catalina

Berikut adalah beberapa tautan yang dapat digunakan untuk mengunduh Hackintosh Mac OS Catalina. Pastikan PC memiliki spesifikasi yang cukup sebelum mengunduh dari tautan di bawah ini: 

  • Tautan 1: https://drive.google.com/u/0/uc?id=1xSZmaB98de5PBvzFgFabuxST0g0nr3hC&export=download.
  • Tautan 2: http://ww7.hackintoshzone.com/files/file/1090-niresh-catalina/.
  • Kemudian tautan 3: https://drive.google.com/file/d/1U-aMg38Sw5YD2XkuF-7fxaJPkXvXJBZj/view.
  • Tautan 4: https://drive.google.com/file/d/1qm9Ymi5IUKRq5v4NcXhckGgcu1pjxLqs/view.

Adapun Mac OS Catalina adalah Mac OS keluaran terbaru, yang dirilis tahun 2019 lalu. Mac OS Catalina ini memiliki banyak fitur baru yang dijamin oleh Apple memanjakan pengguna. Fitur-fitur baru Mac OS Catalina di antaranya sebagai berikut: 

  • Pemutakhiran fitur iTunes sehingga dapat menjelajah 3 aplikasi sekaligus.
  • Fitur “Find My Macbook” yang beroperasi tanpa koneksi internet.
  • Fitur SideCar untuk menambah monitor.
  • Peningkatan aksesibilitas menggunakan Siri, dapat dilakukan untuk mengontrol Macbook secara 100%.
  • Pemutakhiran AI pencarian sehingga device bisa memprediksi pencarian yang akan dilakukan pengguna.

Kelebihan dan Kekurangan Hackintosh

Setelah mengetahui tempat dan cara pakai Hackintosh Mac OS Catalina, perlu diketahui kelebihan dan kekurangan Hackintosh. Berikut merupakan masing-masing kekurangan dan kelebihannya: 

1. Kelebihan Hackintosh

Kelebihan pertama yang diberikan jika memakai sistem operasi Hackintosh adalah harganya yang jauh lebih murah. Siapapun dapat merakit PC-nya sendiri dengan spesifikasi yang diinginkan, kemudian menginstal Hackintosh di dalamnya.

Budget yang dibutuhkan dengan metode ini terbukti jauh lebih murah dibanding membeli produk Apple dengan spesifikasi serupa. Hal ini dikarenakan harga produk Apple memang dibanderol sangat mahal.

Keuntungan selanjutnya jika menginstall Hackintosh adalah pengguna tetap dapat melakukan update SSD dan komponen lain dari PC. Jadi, keuntungan yang didapat dari PC Windows tersebut masih ada dan tetap dapat diaplikasikan.

Dengan Hackintosh pengguna dapat mencoba menggunakan sistem operasional MacOS yang mewah dan efisien. Hackintosh dapat dicoba dan kemudian dilepas, jika ingin kembali ke sistem operasi Windows atau sistem operasi yang sama.

Selain itu, Hackintosh saat ini sudah cukup populer di kalangan penjual maupun pengguna laptop non-Apple. Hal ini membuat beberapa penjual seringkali melampirkan label “Support Hackintosh” ketika menjual PC kepada pelanggan.

2. Kekurangan Hackintosh

Kekurangan dari Hackintosh adalah karena driver ini tidak resmi dari Apple, maka sebenarnya metode ini ilegal. Apple juga mengeluarkan larangan terhadap dilakukannya hacking terhadap Macintosh ini.

Selain itu, karena driver Hackintosh diinstal dari internet bebas, dapat memperbesar peluang PC akan terkena virus atau gangguan lain-lain. Bisa jadi terdapat provider yang tidak bertanggungjawab yang menyediakan file lain namun menamainya Hackintosh.

Kemudian Hackintosh yang merupakan driver rakitan juga berpeluang tidak berjalan sesuai keinginan. Contohnya tidak smooth karena spesifikasi PC kurang sesuai dengan kebutuhan Hackintosh.

Bagaimanapun, penggunaan Hackintosh pada laptop PC tidak dapat menggantikan pengalaman menggunakan Macbook atau iMac asli. Namun hanya dapat mengobati rasa penasaran pengguna.

Demikian informasi mengenai Hackintosh sekaligus tempat untuk download Hackintosh terbaru, yaitu Hackintosh Mac OS Catalina. Pada dasarnya, Hackintosh memang merupakan jalan keluar bagi pengguna yang ingin mencoba ekosistem Apple.

Bagi pengguna yang ingin berpindah ke ekosistem Apple namun masih ragu, dapat mencoba dahulu dengan Hackintosh. Namun mungkin memang metode ini tidak direkomendasikan untuk penggunaan jangka panjang.

Penggunaan Hackintosh jangka panjang memperbesar potensi error-nya device. Perlu juga diperhatikan kekurangan, kelebihan, serta kesesuaian spesifikasi PC dengan Hackintosh yang akan diinstal.

Check Also

cara mereset macbook pro seperti baru

3 Cara Mereset Macbook Pro Seperti Baru Lagi

*Artikel diperbarui pada 2 November 2023 Bagi yang mengalami MacBooknya bermasalah atau terasa lemot dan …

Theme Settings