cara membuka winrar yang dipassword tanpa software

Cara Membuka WinRAR yang Dipassword Tanpa Software atau Aplikasi

*Artikel diperbarui pada 3 November 2023

Menggunakan password memang diperlukan untuk melindungi file dan folder, namun terkadang membuat penggunanya merasa ribet jika terlalu sering memasukkan password. Cara membuka winRAR yang dipassword tanpa software dan aplikasi tambahan ini dapat dilakukan dengan mudah.

Setiap data yang disimpan dalam bentuk file ini, sangat memungkinkan untuk diberi pengamanan melalui password atau kata kunci. Namun jika penggunanya lupa dengan password pada file tersebut, maka simak beberapa alasannya dibawah ini:

Apa itu WinRAR?

Winrar sendiri merupakan perangkat lunak yang sudah umum digunakan untuk menyimpan berkas-berkas yang terdapat dalam komputer. File ini dapat dijadikan pilihan karena software ini menawarkan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh software pada umumnya.

Sejatinya software ini merupakan sebuah format file atau software yang dapat digunakan untuk menyatukan beberapa file menjadi satu. Selanjutnya, file tersebut akan terkompresi sehingga ruang dalam penyimpanan sangat menghemat.

Sepertinya pengguna harus berterima kasih dengan pencipta software WinRAR ini yang bernama Eugene Roshal. Dikarenakan software ini memiliki kelebihan yang sangat bermanfaat.

WinRAR dapat mengkompensasi file hingga mencapai 40%, ketika pengguna memiliki file yang berukuran 100 MB. Berikutnya dikompres menggunakan software ini, maka ukuran file tersebut akan menjadi 60 MB saja sehingga akan menghemat ruang.

Membuka Password RAR di WinRAR

Sebenarnya tindakan proteksi atau perlindungan file ini dengan tujuan, keamanan file ini terjaga dan sembarangan orang tidak akan bisa membuka file tersebut. Lebih-lebih file tersebut sangatlah penting.

Maka dengan adanya password atau kata sandi ini untuk meminimalisir kemungkinan hal buruk yang tidak diinginkan. Sehingga penggunanya tak perlu was-was lagi, namun jika penggunanya lupa dengan passwordnya, justru akan membuat penggunanya cemas.

Pasalnya pengguna tidak akan bisa mengaksesnya kembali file dalam software RAR tersebut selama password yang dimasukkan belum valid. Namun ada cara untuk mengatasinya kok, untuk lebih lanjut ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

Cara Membuka Password RAR di WinRAR

Berikut ini adalah cara membuka winRAR yang dipassword tanpa software dan akan di jelaskan secara step by stepnya. Untuk lebih lanjut ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Mula-mula silahkan buka lokasi file RAR. Contohnya pada data E atau data D. Namun jika menginginkan prosesnya berjalan lebih cepat jangan mengaksesnya dengan menggunakan flashdisk atau hardisk eksternal.
  • Selanjutnya ketik notepad untuk membuka notepad, melalui kolom pencarian yang sudah tersedia di taskbar, namun jika pengguna sudah mempunyai notepad di PC atau laptop maka tinggal membukanya.
  • Kemudian, silahkan pengguna buka copy script sebagai berikut: https://www110.zippyshare.com/v/hilRegzH/file.html atau bisa juga membuka https://www.4shared.com/office/4n_xT4Lciq/script_rar_password.html.
  • Setelah selesai kemudian salin atau di copy kemudian tempelkan pada notepad yang sebelumnya telah diakses.
  • Selanjutnya, pengguna dapat mengklik menu file kemudian simpan dengan ekstensi .bat.
  • Selain itu pengguna juga dapat melakukan penyimpanan dokumen atau file dengan memanfaatkan CTRL + S.
  • Jika sudah selesai kemudian tutup notepad, kemudian secara otomatis data password tersebut akan tersimpan di dalam laptop.
  • Selanjutnya, file bagian kanan silahkan di klik untuk melakukan penyimpanan. Kemudian pilih menu run as administrator.
  • Pada kolom file name digunakan untuk memasukkan nama file tersebut, kemudian lampirkan format RAR di bagian belakang nama file tersebut.
  • Kemudian pengguna tekan enter.
  • Apabila sudah selesai selanjutnya masukkan lokasi direktori yang pengguna dapatkan dari RAR tersebut.
  • Kemudian Klik file yang bagian kanan, selanjutnya pilih menu properties.
  • Kemudian pada bagian location, silahkan pengguna copy atau salin direktori file tersebut.
  • Selain itu pengguna juga dapat menyalin direktori melalui “Enter Full Path”, kemudian pengguna tekan enter.
  • Untuk melakukan pelacakan password ini membutuhkan beberapa menit, dan nantinya akan secara otomatis kata sandi atau passwordnya akan muncul pada kolom stable password.
  • Terakhir silahkan pengguna akses file tersebut, dengan cara memasukkan password yang sudah didapatkan.

Kelebihan dari WinRAR

WinRAR ini memiliki kelebihan lain salah satunya dapat mengirimkan data berjumlah banyak dalam sekali waktu menjadi satu file pengiriman. Berbeda dengan folder biasa, pengguna harus mengirimkan data satu persatu dan memakan banyak waktu tentunya.

Pada folder bisa, file hanya dapat dikirimkan dari satu persatu, begitu juga dengan penerimanya hanya bisa mengunduhnya satu persatu dari file tersebut. Namun dengan adanya jasa penyedia surat elektronik ini, dapat menawarkan pilihan untuk pengunduhan.

Yakni berupa file RAR atau ZIP yang digunakan untuk mengirim lampiran email dalam jumlah banyak. Selanjutnya pengguna tinggal mengaksesnya melalui laptop kemudian mengekstraknya, selain itu pengguna juga dapat melakukan pengekstrakan menggunakan ZIP dan RAR melalui smartphone.

File RAR ini sebenarnya terdiri dari dua jenis, yakni file yang dilindungi dengan kata sandi atau file yang bebas dari kata sandi. Dari dua file tersebut dapat diakses melalui laptop atau PC.

Apabila pengguna memiliki program pengekstrakan file RAR, maka pengguna langsung dapat membuka isi data tersebut. Namun jika software RAR terproteksi oleh password, maka harus memasukkan kunci terlebih dahulu sebelum mengekstraknya.

Sehingga hal tersebut menjadikan permasalahan jika penggunanya lupa dengan passwordnya. Yang dikarenakan banyaknya file RAR yang telah didownload. Atau bisa jadi, penggunanya lupa dengan kata sandi tersebut.

Itulah cara membuka winRAR yang dipassword tanpa software yang dijelaskan secara step by step. Namun harus diakses secara online, dan untuk kecepatan peretasan password ini cukup berbeda-beda tergantung dengan performa yang dimiliki laptop pengguna.

Check Also

cara menggunakan software dialux

Keunggulan dan Cara Menggunakan Software DIALux, Software Desain Pencahayaan Gratis Terbaik

*Artikel diperbarui pada 19 Maret 2024 Bagi interior designer atau penata tata ruang, aplikasi desain …

Theme Settings