spesifikasi mac os high sierra

Spesifikasi Mac OS High Sierra dan Fiturnya [Update Terbaru Lengkap]

*Artikel diperbarui pada 1 November 2023

Spesifikasi Mac OS High sierra yang kini cukup sangat menarik perhatian para pengguna dengan berbagai macam update fitur. Rilisan yang ke empat belas dari brand Apple ini yaitu Mac OS 10.13 High Sierra.

Mac OS merupakan salah satu sistem Operasi dari GUI (Graphical User Interface) yang telah dipasarkan oleh brand Apple. Mac OS dari Apple sendiri telah melalui banyak pembaharuan dari Mac OS sebelumnya, dan memiliki suatu keunggulan-keunggulan lainnya.

Sejarah Singkat Mengenai Mac OS High Sierra

Dirilis pada tanggal 25 September 2017, yang memiliki nama yang diambil dari pegunungan Sierra Nevada dan diberi nama High Sierra. Mac OS High Sierra yang kini telah menjadi suatu sistem Operasi Mac saat ini banyak dicari.

Dengan memiliki berbagai perbaikan dari versi sebelumnya dan diupgrade dengan berbagai macam perbaikan performa. Memiliki banyak fitur-fitur canggih yang ditemukan dalam Mac OS ini hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri.

Spesifikasi Minimum yang Ada Pada Mac OS High Sierra Serta Ketentuannya

Memiliki Ram sebesar 2GB dengan Storage 14.3 GB Free Space dan processor Intel Core i5, i7, Xeon X86-64 CPU. Agar dapat menggunakan Mac OS ini disarankan untuk memiliki komputer Apple menggunakan X Mountain Lion.

Untuk Update dapat diunduh secara gratis dengan melalui App Store secara langsung dan tanpa dikenakan biaya. Untuk kualifikasi pada RAM sendiri jika ingin benar-benar lancar maka disarankan untuk memiliki kapasitas RAM sebesar 4GB.

Dalam Mac OS High Sierra memiliki beberapa ketentuan tertentu yang memiliki beberapa spesifikasi yang berbeda-beda. Yaitu seperti dibawah ini:

1. Support HEVC 

Ketentuan pertama yaitu dengan spesifikasi yang ada pada komputer Apple ataupun Laptop Apple yang telah di support dari HEVC. Dengan memiliki salah satu ketentuan minimum berikut ini:

  • iMac Late 2015 27″.
  • MacBook Early 2016. 
  • MacBook Pro Late 2016.
  • iMac Mid 2017 21.5.
  • iMac Pro.

2. Support External GPU

Memiliki ketentuan yang ada pada Komputer Apple ataupun laptop apple yang memang di support dari External GPU via Thunderbolt. Dengan memiliki salah satu kualifikasi minimum berikut ini:

  • iMac Pro.
  • MacBook Pro late 2016.
  • iMac Mid 2007.

Fitur Terbaru yang Wajib untuk Dicoba!

Setelah penjelasan mengenai spesifikasi Mac OS High sierra di atas selanjutnya yaitu penjelasan mengenai fitur-fitur terbaru dari Mac OS. Mac OS High Sierra memiliki beberapa fitur-fitur utama yang memang sangat menarik bagi para pengguna, berikut beberapa fitur-fiturnya:

1. Kecepatan APFS

Fitur yang pertama ini yaitu mengenai kecepatan yang dimiliki mengenai kecepatan APFS, system APFS yang menggantikan sistem HFS+ yang lama. APFS Kini telah dilengkapi fitur seperti crash-safe protection dan juga fitur built-in encryption.

2. Pro Editor di Photo

Fitur pada aplikasi photo ini juga menjadi salah satu hal yang dirombak oleh High Sierra Apple yang memperbarui beberapa fitur. Fitur ini membantu memudahkan navigasi dan dengan tool foto editing yang memang dibuat lebih powerfull.

3. Mainkan Video H.265

Fitur selanjutnya yaitu dapat memainkan video dengan suatu kompresi HEVC yang memiliki sebuah ukuran file sampai 40% lebih kecil. Meskipun ukuran file lebih kecil 40%, namun juga memiliki kualitas gambar yang sama dengan kualitas bagus.

Hal ini membuat proses dalam streaming yang berjalan menjadi lebih mulus dengan ukuran file kecil dan kualitas video yang bagus. Namun juga tidak akan membuat storage boros pada saat disimpan sehingga menghemat kuota internet.

4. Metal 2 Dan Juga Dukungan VR

High Sierra yang telah diklaim dapat meningkatkan suatu performa 10 kali lipat lebih dibandingkan dengan performa pada versi sebelumnya. Metal 2 yang dapat digunakan untuk keperluan machine learning, natural language processing ataupun computer vision.

5. Menjaga Privasi Pengguna

Fitur selanjutnya yaitu dengan fitur safari yang lebih melindungi dan awas terhadap suatu privasi pengguna. Safari akan mendeteksi beberapa situs yang memang mungkin memutar sebuah video secara otomatis yang sekiranya mengganggu penggunanya.

6. Sinkronisasi iMessage via iCloud

Fitur selanjutnya yaitu mengenai Sinkronisasi iMessage via iCloud hal ini berarti suatu pesan yang diterima akan muncul di Mac OS. Sehingga suatu pesan yang diterima atau masuk akan disimpan iCloud lebih sedikit menghemat suatu storage Mac.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai spesifikasi Mac OS High sierra yang baru saja dirilis oleh Apple yang kini mencuri perhatian pengguna. Dan beberapa fitur-fitur yang dimiliki oleh Mac OS High Sierra yang dapat membantu aktivitas para penggunaannya.

Check Also

cara mengatasi macbook yang terkena air

Cara Mengatasi Macbook yang Terkena Air dan Dampaknya bagi Macbook

*Artikel diperbarui pada 17 Maret 2024 Macbook sangat rawan rusak ketika terkena air. Air bisa …

Theme Settings