Aplikasi Edit Foto Background Wisuda di Android dan IOS

*Artikel diperbarui pada 24 Januari 2023

Masa pandemi sempat mengubah gaya acara lulusan kuliah (wisuda) di tahun 2019 hingga 2021. Pada saat itu wisuda diadakan hanya melalui daring. Namun kehadiran aplikasi edit foto background wisuda ini cukup membantu memeriahkan, bahkan saat era pandemi hektik sudah berlalu.

Sudah tak heran jika aplikasi-aplikasi tersebut akan tetap ikut bagian dalam memeriahkan acara wisuda. Terutama ketika para lulusan bisa bebas mengganti background hasil foto-foto wisudanya untuk seru-seruan. Berikut ini aplikasi edit background untuk di ponsel Android maupun IOS bisa dijadikan referensi.

Aplikasi Edit Background di Android

Pada sistem operasi Android baik di ponsel maupun tablet tentu sudah banyak aplikasi edit foto background wisuda. Tak hanya untuk wisuda saja, melainkan untuk kebutuhan lainya. Mulai dari aplikasi gratisan hingga berbayar sudah banyak tersedia di Android. Berikut ini diantaranya:

1. Remove BG

Tampaknya aplikasi yang satu ini sudah tidak lagi terdengar aneh sebab sempat booming. Awalnya yang hanya berupa website, kini sudah merambah menjadi salah satu aplikasi edit background yang cukup dicari. Aplikasi sudah diunduh sebanyak 10 juta lebih di ponsel Android.

Di aplikasi ini pengguna sudah tentu bisa menghapus dan mengganti background foto yang dimiliki dengan cepat. Fitur auto erase dan manual erasernya sangat membantu. Begitu juga dengan fitur lasso eraser sehingga pengguna bisa memilih bagian mana yang ingin dihapus.

2. Background Remover Pro

Aplikasi edit foto background wisuda kedua yaitu Background Remover Pro. Ternyata aplikasi ini cukup populer karena sudah diunduh sebanyak 10 juta lebih sama seperti Remove BG. Bagusnya, aplikasi ini memiliki ulasan positif dan banyak yang puas dengan performanya.

Menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah dan cepat. Tak sampai satu menit, background foto yang dimiliki sudah berubah sesuai keinginan. Fitur-fitur lainnya seperti auto-manual dalam mengganti background foto, fitur zoom atau scale yang berfungsi untuk melihat foto lebih detail.

Baca juga:  Aplikasi Edit Foto Aesthetic Instagram Untuk Menambah Followers

3. Simple Background Changer

Selanjutnya aplikasi yang tak kalah menarik adalah Simple Background Changer yang sudah diunduh sebanyak lima juta lebih di Google Play Store. Performa aplikasi ini cukup mumpuni karena foto yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi bahkan saat di upload di media sosial.

Fitur spesial dari Simple Background Changer ini yaitu smoothing effect yang dapat mengedit background foto lebih smooth dan juga lebih beraturan. Pengguna juga dapat mengatur kontras, kecerahan, serta saturasi fotonya. Yang terpenting adalah aplikasi ini sederhana dan mudah digunakan.

4. Cut Out

Meski tidak setenar ketiga aplikasi di atas, sebagai salah satu aplikasi edit foto background wisuda yang bernama Cut Out ini juga memiliki kualitas yang bagus. Walau baru diunduh sebanyak satu juta lebih pengguna, aplikasi ini banyak memiliki ulasan positif.

Tak heran, sebab keistimewaan dari aplikasi ini adalah tidak memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar di ponsel. Selain dapat mengganti background, terdapat fitur tambahan lain seperti stiker-stiker yang dapat ditempel di foto juga adanya text editor sebagai pelengkap.

5. Nature Editor

Salah satu aplikasi edit foto background wisuda ini cukup unik. Pasalnya aplikasi ini mengusung tema nature atau alam, sehingga tema-tema background yang tersedia di aplikasi ini semuanya tentang alam. Tak hanya itu, warna pun juga lebih beragam dari aplikasi lainnya.

Tema alam rasanya cukup unik jika dipadupadankan dengan foto wisuda. Maka jika pengguna menyukai tema alam dengan tone warna yang cukup cerah, aplikasi ini adalah pilihan terbaik. Hasil fotonya pun dapat disimpan langsung di ponsel tanpa perlu aplikasi lain.

6. Auto Cut Photo Paste

Rekomendasi terakhir adalah Auto Cut Photo Paste. Selain aplikasinya gratis, sudah tentu aplikasi ini cukup mumpuni dalam hal mengedit atau mengganti background foto wisuda atau yang lainnya.

Baca juga:  10 Aplikasi Edit Foto Jadi Video Gratis yang Keren serta Ciamik

Spesialnya dari aplikasi ini adalah sudah memiliki 20 stok background resolusi HD yang bisa digunakan langsung. Fitur lainnya yang tak jauh beda dari aplikasi lain yaitu auto dan manual yang dapat mengganti background dengan cepat.

Aplikasi Edit Background di IOS

Setelah membahas panjang lebar mengenai aplikasi yang ada di Android, pembahasan kali beranjak ke IOS. Sama seperti Android, aplikasi edit background di App Store juga banyak tersedia baik yang berbayar maupun gratis. Inilah rekomendasinya.

1. Background Eraser: Superimpose

Urutan pertama dari sistem operasi IOS adalah aplikasi Background Eraser: superimpose. Aplikasi ini dapat mengganti background foto dengan cepat. Dengan tampilan aplikasinya yang sederhana sudah tentu cukup mudah untuk digunakan.

Caranya cukup menyeleksi objek yang diinginkan, kemudian background akan terhapus dengan cepat. Terdapat fitur added blur background yang bisa digunakan agar hasil edit foto lebih cantik. Pengguna juga bisa menambahkan foto background sendiri lalu disimpan di ponsel.

2. Apowersoft: Background Eraser

Berikutnya dari aplikasi edit background wisuda adalah Apowersoft: Background Eraser yang sudah cukup dikenal di kalangan editor foto pengguna IOS. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi edit background terbaik di IOS yang bisa diandalkan.

Secara fitur, aplikasi ini bisa mengganti background foto menjadi transparan dalam waktu cepat. Kemudian pengguna bisa melakukan edit background dengan warna dan template yang sudah disediakan, bahkan bisa menggunakan gambar sendiri sebagai background foto.

3. Background Eraser – Eraser Photo

Ini adalah aplikasi besutan Kite Games Studio yang sudah tak diragukan lagi dengan kualitas performanya. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang bisa diandalkan dalam urusan edit background foto yang tersedia di App Store.

Baca juga:  Inilah Aplikasi Edit Foto di HP Samsung, Dijamin Praktis

Hampir tak jauh beda fitur dari Background Eraser – Eraser Photo ini dengan aplikasi yang lainnya, fitur utamanya adalah kemampuan dalam mengedit dan menghapus background foto dalam sekejap. Hanya membutuhkan beberapa detik saja, background foto menjadi transparan.

4. Background Eraser – Editor

Dari empat aplikasi di atas, aplikasi ini cukup sederhana dan sangat mudah digunakan bahkan bagi pemula sekalipun. Meski tampaknya tak lagi di update oleh developernya, namun masih tak masalah untuk digunakan.

Karena aplikasi yang cukup lama, fitur-fitur yang dihadirkan pun juga tidak ada yang spesial. Keunggulan aplikasi ini terletak pada fitur share hasil edit foto ke media sosial. Walau begitu, fitur edit background dasar seperti menghapus dan menggantinya dengan efek elegan.

5. Magic Eraser Background Editor

Yang tak kalah bagusnya dari deretan aplikasi edit foto di atas adalah Magic Eraser Background Editor. Bagusnya, aplikasi ini masih selalu di update oleh developernya hingga sekarang. Tampaknya, aplikasi ini yang cukup dikenal di kalangan pengguna IOS.

Daftar fitur-fiturnya cukup memudahkan seperti dapat menghapus background foto apa pun dalam hitungan detik. Selain itu, ada fitur zoom in, zoom out, erase/restore, transparan background, magic wand, juga reverse tool, hingga menyimpan foto dengan resolusi tinggi.

Itulah rentetan daftar aplikasi edit foto background wisuda di Android dan IOS. Pengguna bisa mengubah background foto dengan foto kampus, foto kelas, atau foto dengan teman-teman kemudian membagikannya di media sosial untuk memeriahkan acara wisuda.

About Tim Redaksi

Check Also

aplikasi edit foto jadi video gratis

10 Aplikasi Edit Foto Jadi Video Gratis yang Keren serta Ciamik

*Artikel diperbarui pada 2 Februari 2023 Ternyata beberapa kumpulan foto bisa dijadikan sebuah video yang …