aplikasi edit foto pc simple

Rekomendasi Berbagai Aplikasi Edit Foto PC Simple

*Artikel diperbarui pada 24 Oktober 2023

Ingin hasil foto yang terbaik? Tenang, rekomendasi aplikasi edit foto PC simple mampu membuat hasil foto menjadi lebih keren dan menarik. Banyak aplikasi edit foto yang tersebar, namun harus pintar juga dalam memilih yang terbaik jika ingin hasilnya tidak mengecewakan.

Terkadang jika mengedit foto dengan hasil yang keren dan memuaskan, yang tersedia hanya versi premium. Sebagai editor foto yang pemula pasti merasa terbatas karena fitur atau tools yang tersedia tidak lengkap. Inilah aplikasi rekomendasi untuk pemula namun hasil seperti professional.

1. Adobe Photoshop

Aplikasi pertama yang masuk ke dalam rekomendasi pilihan untuk edit foto yaitu Adobe Photoshop. Aplikasi edit ini digunakan untuk mengedit foto untuk basis PC.

Tools dan fitur yang tersedia menghasilkan foto menjadi lebih keren dan elegan. Salah satu Tools andalan dari Photoshop adalah mengedit background foto. Memotong foto dan menempelkannya pada background kini jadi lebih mudah.

Untuk memaksimalkan penggunaannya, gunakan langganan dengan membayar sekitar 200 ribu/bulan. Lalu, untuk mengoperasikan aplikasi lebih baik dibutuhkan processor sebesar 2 GHz ke atas, RAM minimal 8 GB dan VGA nya minimal 2 GB.

2. Adobe Photoshop Elements

Rekomendasi pilihan selanjutnya untuk aplikasi edit foto PC simple yaitu Adobe Photoshop Elements. Perusahaan Adobe memang selalu memuaskan bagi para photographer. Kini, Adobe mengeluarkan versi lebih simpel bagi setiap pengguna pemula yang merasa kesulitan dengan fitur lengkap yang disediakan Photoshop.

Adobe Photoshop Elements memiliki versi yang lebih ringan dan tidak memberatkan memori pada PC. Spesifikasi PC atau laptop yang dibutuhkan adalah RAM dengan besar 8 GB. Untuk CPU nya sendiri dibutuhkan CPU Intel dari generasi ke-8.

Jika tertarik mencoba aplikasi ini, bisa gunakan versi free trial atau percobaan gratis. Lalu, jika nyaman menggunakan aplikasi ini, bisa menggunakan langganan dengan membayar sekitar USD 69.99/bln.

3. Adobe Lightroom

Berikutnya untuk aplikasi edit foto di PC yaitu Adobe Lightroom. Hampir setara dengan Adobe Photoshop dalam hal tools dan juga fitur yang dimilikinya. Maka dari itu, aplikasi ini mampu bersanding dengan Adobe Photoshop.

Aplikasi Adobe Lightroom ini sedikit lebih simpel dari Adobe Photoshop. Sehingga aplikasi ini cocok untuk digunakan para pemula yang ingin belajar mengedit foto. Karena tinggi dan banyaknya peminat, perusahaan Adobe mengeluarkan versi Android nya.

Untuk system requirement hampir sama dengan Adobe Photoshop, yaitu dibutuhkan CPU 3 GHz. Dengan RAM minimal 8 GB, dan lebih baik jika memiliki 16 GB. Lalu, VGA minimal 2 GB lebih untuk penyimpanan videonya.

4. Skylum Luminar 4 – Al Edit Photo

Selanjutnya aplikasi edit foto PC simple adalah Skylum Luminar 4. Aplikasi Skylum hadir dengan 45 pilihan filter menarik. Menjadi salah satu aplikasi terbaik edit foto pilihan. Hal ini dikarenakan memiliki ragam macam fitur dan berbagai macam tools.

Tools yang digunakan juga tidak lelet, tentu menjadikan aplikasi ini pilihan untuk para pengguna pemula karena fitur nya simpel. Kemudahan lainnya yang diberikan aplikasi Luminar adalah memberikan kemudahan jika ingin mengubah warna, tone, lens.

Tidak hanya itu saja, tetapi juga tersedia fitur chromatic dan distortion untuk mengedit foto. Untuk mempercantik hasil gambar foto yang telah diedit, gunakan fitur automatic correction.

5. PaintShop Pro

Aplikasi yang direkomendasikan selanjutnya adalah Paintshop Pro. Paintshop pro menawarkan kemampuan yg hampir setara dengan Photoshop. Tidak salah jika aplikasi ini menjadi saingan terkuat Adobe Photoshop di masa depan. Oleh karena itu, aplikasi ini banyak digunakan oleh photographer professional.

Software ini memang masuk kategori berbayar tetapi cukup simpel untuk digunakan untuk para pemula. Aplikasi satu ini agak sedikit pricey dari aplikasi berbayar lainnya jika berlangganan. Kisaran harga normalnya sekitar 1,16 juta rupiah.

Namun dengan harga tersebut, tentu sudah dapat fasilitas lengkap dalam menggunakan fitur. Jika ingin mencoba menggunakannya, bisa aktifkan free trial. Puas bereksperimen menggunakan aplikasi ini jika sudah mengaktifkan langganan tersebut. Pengguna dijamin puas melakukan retouch, crop, atau resize.

Mengatur komposisi foto, melakukan pengaturan tata letak sesuai keinginan. Bahkan tersedia fitur before and after. PC yang direkomendasikan untuk mengoperasikan aplikasi minimal Intel Core i5 ke atas. Untuk penyimpanan video atau VGA membutuhkan DirectX 12, untuk mendukung penggunaan lebih baik.

6. Affinity Photo

Kategori berikutnya untuk aplikasi edit foto PC simple adalah Affinity Photo untuk mengedit sebuah foto. Jika pemula ingin mengedit foto dengan hasil seperti dari tangan profesional, gunakan aplikasi satu ini.

Salah satu fitur yang sangat berguna untuk digunakan adalah fitur full HDR Merge. Lalu ada fitur 360-degree Image Editing, serta Tone Mapping. Hasil editan yang dihasilkan pun juga detail.

Tidak salah, apabila aplikasi ini menjadi rekomendasi terbaik untuk edit foto, karena selalu memuaskan setiap penggunanya. Serta menjadi suatu kebutuhan untuk setiap pengguna edit foto lainnya.

7. PhotoScape: Free Editing Photo Software

Menjadi salah satu aplikasi yang wajib untuk di download bagi setiap para pemula, tentu PhotoScape memberikan banyak keunggulan. Fitur yang disediakan lengkap dan mudah untuk digunakan, yang terpenting aplikasi ini gratis.

Fitur lengkap yang dimiliki dan sering digunakan adalah brightness and color adjustment, resizing. Lalu backlight correction, White Balance, Drawing Pictures, filters, cropping, dan red eye removal. Jika ingin mengedit foto sekaligus banyak, bisa menggunakan Batch Editor.

Bagi setiap pengguna laptop atau PC versi Windows 10 ataupun Mac, rekomendasi terbaik yaitu Photoscape X. Fitur splitter berguna untuk memisahkan foto menjadi beberapa bagian.

8. Artweaver

Jika suka hasil editan foto dalam bentuk sketsa atau seperti lukis pensil, maka Artweaver inilah pilihannya. Dengan menggunakan aplikasi ini, edit foto dalam bentuk sketsa atau gambar akan tampak seperti sketsa asli.

Aplikasi ini tersedia versi free dan berbayar. Jika ingin hasil editan foto lebih unik dan aesthetic lagi, pengguna bisa menggunakan langganan berbayar. Dijamin hasilnya sangat berkualitas dan layaknya profesional.

9. GIMP

Aplikasi terakhir yang masuk ke dalam kategori edit foto PC terbaik namun simpel adalah GIMP. GIMP atau dikenal dengan nama GNU Image Manipulation Program ini merupakan salah satu software yang mampu menyaingi Adobe Photoshop. Pasalnya, fitur yang dimiliki aplikasi GIMP terbilang lengkap.

Aplikasi ini bisa dioperasikan oleh laptop atau PC model Linux/GNU, Windows, dan juga OS X. Menjadi kategori aplikasi favorit para photographer professional, illustrator dunia sampai designer graphic terkenal yang menggunakan aplikasi ini.

Itulah rekomendasi terbaik yang ingin mencari aplikasi edit foto PC simple. Kini sudah banyak aplikasi untuk mengedit foto sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna. Jadi, tidak perlu khawatir lagi walaupun tidak memiliki kemampuan yang mumpuni, karena sudah ada aplikasi yang membantu.

Pilih sesuai dengan kenyamanan masing-masing, tetapi pilihan tadi adalah yang terbaik diantara yang lainnya. Dengan aplikasi pilihan tadi, upload konten foto yang dikoleksi lebih aesthetic dan mampu mengasah kreativitas. Hal itu dikarenakan terdapat puluhan hingga ratusan fitur dan tools.

Check Also

Cara Menghapus MySearch123 dalam Langkah Singkat

Cara Menghapus MySearch123 dalam Langkah Singkat

*Artikel diperbarui pada 20 Maret 2024 Ingin tahu cara menghapus MySearch123 dari perangkat kamu? Simak …

Theme Settings