aplikasi browser android terbaik

10 Rekomendasi Aplikasi Browser Android Terbaik Wajib Diketahui

*Artikel diperbarui pada 1 September 2023

Aplikasi browser merupakan layanan dalam jaringan yang memiliki fungsi untuk menjadi sumber penyedia dan penerima berbagai informasi. Selain itu, browser berguna untuk pengguna mengakses situs dan laman di internet. Aplikasi browser Android terbaik idealnya memudahkan mencari informasi dan membuka file dengan bermacam ekstensi.

Saat ini menggunakan internet sudah menjadi hal pokok yang tidak bisa tergantikan. Terutama pada hal seperti kelancaran dan kecepatan akses kebutuhan internet tentu bergantung pada jenis web browser yang digunakan. Berikut rekomendasi web browser terbaik dan ringan.

1. Google Chrome

Dapat dipastikan hampir seluruh pelanggan internet mengetahui Google Chrome. Awalnya 2008 lalu aplikasi browser ini hanya dibuat untuk perangkat Microsoft Windows saja. Setelah itu barulah dikembangkan sehingga dapat digunakan oleh Android, iOS bahkan Linux sebagai aplikasi bawaan yang ada pada perangkat.

Untuk keamanannya sendiri, Google Chrome akan selalu memberi peringatan kepada pengguna yang mendatangi situs berbahaya seperti malware dan phishing. Dalam tes Benchmark aplikasi Chrome merupakan yang tercepat dibanding web browser yang lain, serta memiliki fitur meningkatkan secure dan stabilitas.

2. UC Browser

Menjelajahi dunia lewat satu aplikasi akan terwujud hanya dengan menggunakan UC Browser. Software ini didirikan di Beijing sejak tahun 2004. UC Browser memiliki banyak kelebihan seperti halnya save page untuk menyimpan halaman, papan clipboard untuk salin tempel dan penelusuran cepat.

Web browser ini memiliki sistem ad block, ini menjadi jalan keluar bagi pengguna yang merasa terganggu dengan iklan. Dengan ad block situs iklan tersebut akan langsung diblokir. Untuk mempercepat navigasi pencarian, UC Browser menjalankan kompresi data yang berguna untuk menghemat data yang terpakai.

3. Dolphin Browser

Layaknya lumba-lumba yang berenang lincah di laut, Dolphin Browser akan bergerak cepat menyajikan layanan internet. Incognito atau browsing privat juga bisa dilakukan sehingga pengguna dapat mengoperasikan internet tanpa ada jejak apapun. Memutar video html5 dan mengunduh dengan cepat juga bisa dengan browser ini.

Akses antarmuka ke website lain juga cepat untuk membuka Facebook, Bing, Twitter dan banyak lainnya. Lalu dapat dipersonalisasi untuk cara yang lebih cepat. Contohnya hanya perlu mengetik inisial website di pencarian, seperti “B” untuk mengunjungi Bing.

Latar belakang warna dapat disesuaikan untuk semakin mempersonalisasi tampilan. Pengguna bisa memilihnya sesuai keinginan masing-masing.

4. FireFox

Dikeluarkan oleh Mozilla, Firefox Daylight untuk Android dirasa mampu menyaingi kepopuleran Google Chrome. Kebebasan dan transparansi akses internet agar dapat diakses oleh publik menjadi misi Mozilla. Sehingga pengguna memiliki kendali penuh atas kehidupan internetnya.

Untuk segi keamanan dari web browser, pengguna tidak perlu khawatir. Firefox menjamin hal tersebut dengan memberikan perlindungan privasi dan perlindungan pelacakan yang sudah bekerja secara otomatis. Menggunakan Firefox di semua perangkat akan sangat memudahkan untuk membawa markah, login dan riwayat kemanapun.

5. Opera Mini

Jika mencari browser yang ringan dan cepat, gunakanlah Opera Mini yang layak dijadikan aplikasi browser Android terbaik. Pasalnya, software ini tetap mengutamakan kecepatan dan menghemat data meski penjelajahan berada di jaringan yang lambat. Berita atau laman juga dapat disimpan dan dibaca nanti.

Mentransfer atau menerima file dan foto dapat dilakukan dengan aman tanpa harus terhubung dengan koneksi internet. Bahkan kecepatan berbagi file tanpa menggunakan data ini bisa sampai 300mb/d. Untuk menunjukan keunikan segala di browser ini bisa disesuaikan, seperti tema, kategori berita dan tata letak.

6. Microsoft Edge

Browser Microsoft Edge merupakan pengganti utama untuk sistem penjelajah internet pada Windows 10. Namun setelah semakin berkembang, browser ini sudah dapat beroperasi pada perangkat ios dan Android. Sebelumnya nama kode software pada Januari 2015 adalah Spartan yang kemudian pada April 2015 dikenalkan sebagai Microsoft Edge.

Kata sandi, koleksi, data tersimpan sampai favorit selalu sinkron dan aman. Pencarian tidak harus selalu ditarik pada kolom search. Melainkan dapat menggunakan gambar dan suara sebagai pemberi instruksi. Agar pengguna mendapatkan pencarian sesuai, pembaca imersif memungkinkan untuk menghindari konten yang tidak diinginkan.

7. FD Browser – Fast Money Browser

FullDive browser ramah penyimpanan yang baru rilis pada 2018 lalu. Software kali ini adalah sosial web browser. Artinya memungkinkan terhubung dengan keluarga, teman dan pengguna FullDive lainnya. Cara mengaktifkannya, browsing seperti biasa dan tandai serta sebut teman, lalu pengguna dapat langsung chatting lewat aplikasi.

Keuntungan lain menggunakan aplikasi browser ini adalah reward dalam bentuk cash dan juga gopay. Hanya ada di Fulldive, rajin browsing dan menonton video atau mendengarkan lagu dapat menghasilkan pendapatan pasif. Situs seperti Instagram dan Twitter diatur dan dimasukan ke Fulldive.

Memudahkan akses internet bahkan lewat lockscreen. Gulir lockscreen ke atas untuk akses aplikasi yang dibuka, ke arah kanan untuk melihat berita terkini. Terakhir gulir ke bawah untuk pengguna mengatur notifikasi yang ada di Fulldive.

8. Brave

Aplikasi browser Android terbaik satu ini aman karena memblokir iklan pihak ketiga terutama yang mengancam privasi. Mencegah terdeteksi oleh iklan dan bocor oleh malware, cocok untuk pengguna yang butuh fokus. Tidak perlu khawatir dengan gangguan seperti pop up karena akan terblokir tanpa harus mengatur apapun.

Walau pun dengan performa maksimal dan sistem pencari yang cepat tetapi browser Brave tetap berusaha menghemat penggunaan daya baterai perangkat. Keamanan data saat beroperasi sudah terenkripsi. Lengkap dengan fitur privasi terkenal seperti https, fitur tab pribadi, tab terbaru dan pemblokiran skrip.

9. Vivaldi Browser

Fitur yang lengkap ditawarkan oleh Vivaldi Browser bisa dibilang mengutamakan kepraktisan. Seperti memiliki penerjemah pribadi yang dirancang oleh Vivaldi Translate dan juga pemindai kode qr untuk membagikan tautan.

Selain itu, terdapat fitur memanfaatkan tindakan halaman untuk menyelaraskan laman dengan filter. Serta juga menulis catatan meski dalam penjelajahan. Dengan fitur tersebut, membuat kegiatan berinternet semakin praktis karena membuat pengguna tidak membutuhkan aplikasi tambahan lain.

Vivaldi juga mengutamakan privasi dan tidak akan melacak software yang digunakan agar pengguna merasa aman. Memiliki pula panggilan cepat dengan mengurutkan tata letak dan panggilan cepat di pencarian.

10. Mint Browser – Ringan. Cepat. Aman

Browser untuk perangkat Android yang hanya membutuhkan 10 mb saja untuk pengunduhan. Karena tidak memakan banyak ruang penyimpanan, membuat aplikasi ini begitu ringan ketika digunakan. Iklan secara otomatis dapat diblokir dan gambar yang dimuat akan dibatasi, sehingga membuat web bersih dan menghemat penggunaan data.

Cepat dalam memuat situs yang dituju dan langsung mendeteksi video yang harus diunduh. Karenanya pengguna hanya perlu klik unduh yang nanti akan muncul. Browser ini pun mengklaim bahwa softwarenya cepat, ringan dan aman bukan hanya kata-kata. Mint browser memang membuktikan hal tersebut dengan fitur yang diberikan.

Memiliki spesifikasi keunggulan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, itulah tadi aplikasi browser Android terbaik yang memiliki banyak fitur dan kelebihan. Semuanya dapat diakses gratis dan aman karena melindungi privasi. Jadi, jangan ragu menggunakan web browser di atas sebagai pilihan.

Check Also

Cara Menghapus Chat di FB Lite Secara Keseluruhan

Cara Menghapus Chat di FB Lite Secara Keseluruhan

*Artikel diperbarui pada 17 Februari 2024 kamu mungkin merasa kesulitan untuk menghapus chat di Facebook …

Theme Settings