Rekomendasi 7 Aplikasi Edit Foto PC Ringan Gratis

*Artikel diperbarui pada 21 Januari 2023

Pada umumnya, mengedit sebuah foto akan memerlukan aplikasi photo editing. Sayangnya, sebagian aplikasi akan membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang cukup besar. Bagi yang memiliki komputer lama, masih ada aplikasi edit foto pc ringan gratis yang dapat digunakan.

Sebenarnya, ada alasan mengapa aplikasi photo editing menuntut spesifikasi yang cukup besar. Photo editor seperti Photoshop menyediakan fitur editing 3D objek, dan render gambar berkualitas tinggi. Agar program dapat beroperasi dengan stabil, maka performa komputer yang tinggi akan diperlukan.

Untungnya, program-program di bawah ini masih dapat digunakan untuk sekedar editing foto dengan fitur lengkap. Ditambah lagi, program aplikasi tersebut memberikan akses editing gratis tanpa mengenakan biaya. Dengan begitu, berikut macam-macam aplikasi yang direkomendasikan:

1. GIMP

Ketika membahas aplikasi editing foto yang gratis, atau aplikasi yang menggantikan Photoshop, GIMP kerap disebutkan. Aplikasi open-source ini, pasalnya memiliki fitur-fitur yang lengkap dan biasanya hanya tersedia di aplikasi berbayar. GIMP itu sendiri, merupakan singkatan dari GNU Image Manipulation Program.

Perihal fitur, GIMP memiliki fitur dimulai dari Photo Enhancement, Digital Retouching, Advanced Manipulation, hingga Animation. Tidak hanya memberikan kustomisasi lengkap pada editing, GIMP juga memberikan kustomisasi pada user interface dan plugin.

Meski GIMP dinobatkan sebagai aplikasi open-source photo editing terbaik, GIMP cukup sulit untuk digunakan, khususnya yang sudah terbiasa dengan Photoshop. Namun untuk masalah itu, GIMP sudah menyediakan aplikasi alternatif GIMPShop, dimana fitur-fiturnya lebih menyerupai Photoshop.

Bagi yang ingin menggunakan aplikasi edit foto PC satu ini, tidak perlu khawatir soal spesifikasi yang rendah. GIMP hanya membutuhkan setidaknya 128 MB RAM, cukup kontras dengan Photoshop yang membutuhkan 4 GB RAM.

2. Photoscape

Aplikasi yang dapat dicoba berikutnya adalah Photoscape. Aplikasi freeware yang dikembangkan sejak 2008 ini, memiliki konsep editing yang mudah dan menyenangkan. Bagi yang masih pemula dalam dunia editing, Photoscape sangat direkomendasikan untuk editing dengan tingkatan dasar.

Baca juga:  6 Aplikasi Browser Terbaik dan Tercepat PC

Alasan mengapa aplikasi ini memiliki konsep “easy and fun”, ada pada fitur dan tampilan yang diberikan. Secara fitur, Photoscape memiliki fitur yang menarik seperti Animated GIF dan Face Search. Secara tampilan, Photoscape tidak terlalu tampak profesional, namun tetap ramah digunakan.

Untuk system requirements, Photoscape tidak akan dibahas apabila tidak memiliki spesifikasi yang rendah. Photoscape 3.7 masih dapat digunakan pada Windows XP 32-bit, dengan RAM kurang dari 1 GB. Untuk komputer dengan macOS dan Windows 10, download program Photoscape versi X.

3. Paint.NET

Aplikasi edit foto PC ringan gratis yang direkomendasikan selanjutnya adalah Paint.NET. Aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat ringan apabila dibandingkan dengan program photo editing lainnya. Versi terbarunya yaitu 4, kini memiliki tampilan user interface yang lebih modern dan nyaman digunakan.

Pada aplikasi, Paint.NET tidak memiliki tampilan tools yang besar dan rumit, sehingga pengguna dapat melakukan editing lebih mudah. Untuk mempermudahkan undo pada editing, Paint.NET memiliki fitur Unlimited History. Mengubah kembali editing, hanya tinggal melihat history dari proyek yang dikerjakan.

Untuk menjalankan Paint.NET, aplikasi tersebut akan memerlukan minimal 512 MB RAM, dengan processor berkecepatan 800 Mhz. Aplikasi juga akan memerlukan dukungan program .NET Framework 3.5, yang juga gratis untuk di download dan di install.

4. Artweaver Free

Ingin hasil editing foto tampak menjadi lukisan yang cantik? Artweaver dapat menjadi pilihan yang terbaik. Aplikasi yang dikembangkan oleh Boris Eyrich ini, lebih ditujukan untuk penggambar yang ingin menggambar layaknya di kanvas. Namun Artweaver juga dapat digunakan untuk editing.

Pada aplikasi, Artweaver memiliki berbagai fitur editing serta beragam brush yang dapat membuat tampilan foto menjadi menarik. Hal menarik lainnya, Artweaver memiliki fitur Events dan Teamwork, dimana proyek editing dapat dilihat dan dibantu bersama dengan editor lain.

Baca juga:  10 Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun 3D Terbaik

Bagi yang tertarik, aplikasi Artweaver cukup ramah untuk komputer spesifikasi rendah. Hanya dengan processor Pentium 4, dan RAM yang kurang dari 1 GB, Artweaver dapat diakses untuk keperluan editing. Artweaver mendukung Windows 7, sampai versi terbaru saat ini yaitu 11.

5. Photo Pos Pro

Meski jarang terdengar, Photo Pos Pro dapat menjadi aplikasi edit foto PC ringan gratis yang layak dicoba. Bila dibandingkan dengan GIMP, aplikasi ini memiliki tampilan yang lebih simpel dan mudah dinavigasi. Hanya saja, GIMP masih merajai aplikasi open-source dengan fitur-fiturnya.

Untuk fiturnya, Photo Pos Pro menyajikan fitur-fitur yang biasa ditemukan pada aplikasi serupa. Fitur seperti Advanced Photo Effects dan Stunning Text Effects, dapat memperkaya foto layaknya menggunakan aplikasi berbayar. Aplikasi ini juga lebih mudah untuk dipelajari.

Photo Pos Pro dapat digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah. Khususnya, bagi yang menggunakan Windows XP atau Vista, serta monitor dengan display 24-bit. Untuk RAM, Photos Pos Pro agak membutuhkan ukuran yang cukup besar, yakni dengan minimal 1 GB lebih.

6. Fotor

Fotor adalah aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan dalam photo editing. Bagi yang masih pemula dan tidak memiliki kemampuan editing yang hebat, Fotor dapat dipelajari dengan mudah. Hal ini karena aplikasi tersebut memang dirancang untuk ramah digunakan.

Dengan Fotor, penggunanya dapat berkreasi dengan foto yang ingin diedit. Selain foto, Fotor juga dapat digunakan untuk membuat album, hingga kolase yang sedang digandrungi anak muda belakangan ini. Secara keseluruhan, Fotor adalah aplikasi yang simpel namun cocok untuk editor pemula.

Untuk persyaratan spesifikasinya, Fotor membutuhkan RAM minimal 1 GB saja. Operasi sistem yang digunakan pada komputer, minimal Windows 7 dengan 64-bit atau lebih. Untuk performa yang stabil, disarankan untuk memiliki monitor dengan display minimal 1024 x 576.

Baca juga:  Aplikasi Edit Foto Gratis di Macbook Terbaik

Untuk penyimpanan, Fotor cukup memakan tempat yaitu sekitar 3 GB. Karena itu, pastikan jika tempat penyimpanan masih memiliki ruang kosong yang cukup.

7. Canva

Aplikasi edit foto PC ringan gratis terakhir pada rekomendasi ini yaitu Canva. Lebih dikenal sebagai aplikasi photo editing mobile, Canva kini hadir sebagai software untuk desktop Windows. Bagi yang ingin memiliki editan dengan template, Canva lah aplikasi yang sesuai.

Selain fitur-fitur editing yang juga ditemui pada aplikasi yang sama, Canva memiliki salah satu fitur yang unik yaitu Background Remover. Dilengkapi oleh alat editing berkemampuan AI, Canva akan dengan mudah menghapus latar belakang foto untuk dapat dikreasikan kembali.

Perihal spesifikasi komputer, Canva sayangnya tidak memiliki banyak opsi dibandingkan dengan yang lain. Hal ini karena Canva hanya tersedia pada Windows versi 10 atau lebih. Untuk menjalankan Canva pada komputer, aplikasi tersebut membutuhkan minimal 1 GB RAM, dengan processor Dual-Core.

Demikian informasi mengenai aplikasi edit foto pc ringan gratis, dengan fitur-fitur editing yang lengkap. Sebagai photo editor, tentunya ingin mengetahui aplikasi editing mana yang sesuai dengan keperluan. Hal ini agar aplikasi yang diunduh tidak mengecewakan saat digunakan.

Maka itu, silahkan untuk mencoba satu dari aplikasi yang direkomendasikan di atas. Selain fitur-fiturnya yang unik, segala aktivitas photo editing juga dapat siap dengan waktu yang lebih efisien. Perlu diingat, jika sebagian aplikasi memiliki fitur yang hanya tersedia jika membayar.

About Tim Redaksi

Check Also

aplikasi edit foto jadi video gratis

10 Aplikasi Edit Foto Jadi Video Gratis yang Keren serta Ciamik

*Artikel diperbarui pada 2 Februari 2023 Ternyata beberapa kumpulan foto bisa dijadikan sebuah video yang …