aplikasi edit foto gratis di iPhone

Rekomendasi 7 Aplikasi Edit Foto Gratis di iPhone, Hasilnya Berkualitas!

*Artikel diperbarui pada 5 September 2023

Smartphone flagship iPhone, dikenal memiliki kamera dengan kualitas foto yang bagus. Tetapi, foto-foto yang dipotret dapat dibuat semakin bagus dengan mencoba memakai aplikasi edit foto gratis di iPhone. Tidak hanya bagus, foto dapat dikreasikan semenarik mungkin dengan beragam alat editing.

Saat ini, photo editing sudah tidak lagi aktivitas yang hanya dapat dilakukan orang berkemampuan saja. Berbagai aplikasi editing foto telah dirancang sedemikian rupa untuk membantu yang tidak memiliki skill editing untuk mengedit fotonya sendiri.

Namun hal ini bukan berarti aplikasi edit foto apa saja bisa digunakan. Sebagian orang tentunya menginginkan aplikasi yang berkualitas, memiliki berbagai fitur, dan tampilan yang profesional. Maka itu, berikut macam-macam aplikasi editing yang dapat dipakai gratis di iPhone:

1. Photoshop Express Photo Editor

Aplikasi edit foto gratis di iPhone yang layak untuk disebutkan pertama kali pada ulasan ini adalah Photoshop Express. Aplikasi yang dikembangkan Adobe ini, pada awalnya merupakan aplikasi yang berbayar. Namun kini, aplikasi dapat digunakan gratis dengan fitur premium yang opsional.

Mengingat aplikasi ini datang dari Adobe, Photoshop Express memiliki beragam alat editing seperti software Photoshop pada komputer dan laptop. Fitur-fitur ternama seperti masking tool, multi-selection tool, dan healing tool telah tersedia pada versi mobile dari Photoshop Express.

Perihal filter, aplikasi ini menyediakan cukup banyak filter dan overlay, yang dapat diedit dengan Color Temperature, Vibrance, dan efek lainnya. Selfie juga dapat diimprovisasi dengan fitur-fitur pada Retouch. Secara keseluruhan, Photoshop Express memungkinkan editing layaknya menggunakan versi komputer.

Selain Photoshop Express, Adobe juga memberikan aplikasi gratis lainnya berupa Lightroom dan Photoshop Camera Photo Effects. Kedua aplikasi dapat digunakan di iPhone, dan memiliki masing-masing fitur editing yang tak kalah bagusnya dibandingkan Photoshop Express.

2. YouCam Perfect: Photo Editor

YouCam Perfect dianggap sebagai satu dari beberapa aplikasi edit foto yang terbaik. Pasalnya, aplikasi ini dapat langsung mempercantik foto bahkan saat foto atau selfie baru saja dipotret dengan kamera iPhone. Aplikasi tersebut juga memiliki berbagai alat untuk mengedit foto selfie.

Salah satu fitur yang menarik pada YouCam Perfect adalah Body Tuner. Fitur tersebut dapat mengubah postur tubuh dari foto hanya dengan beberapa ketukan. Bagi yang minder dan kurang percaya diri, YouCam Perfect dapat membuat postur tubuh yang ideal bagi penggunanya.

Tidak hanya sampai di situ, selfie dapat dihidupkan dengan fitur Animated Selfies, dimana foto dapat menjadi GIF hingga video pendek. Hasil selfie dapat dipercantik dengan menggunakan Magic Brush. Dengan semua fitur yang disebutkan, YouCam Perfect cocok untuk editing foto selfie.

3. VSCO: Photo & Video Editor

Aplikasi yang akan dibahas selanjutnya yaitu VSCO. Aplikasi edit foto gratis di iPhone ini, dapat dijadikan sebagai editing maupun tempat berbagi inspirasi. Hal tersebut karena aplikasi ini memiliki beragam komunitas VSCO yang dapat berbagi tips baru mengenai dunia editing.

Sebagai aplikasi editing yang gratis, VSCO memberikan puluhan preset yang bebas digunakan dengan alat-alat editing layaknya editor desktop. Editing dapat dimulai dari foto yang baru saja dipotret, kemudian diubah sedemikian rupa dengan berbagai efek dan filter yang disediakan.

Dengan tampilan yang ramah pengguna, VSCO memastikan siapa saja dapat memahami dan menggunakan aplikasi tanpa bersusah payah. Sebagai pengguna yang benar-benar masih baru, aplikasi VSCO beserta komunitas di dalamnya sangat diperuntukkan bagi pemula.

4. Afterlight – Photo Editor

Ketika membahas aplikasi editing foto, sebagian orang berpikir bahwa aplikasi tersebut tentunya sulit digunakan. Untungnya, aplikasi edit foto Afterlight dapat memberikan kualitas editing terbaik yang mudah digunakan dan dikuasai. Foto dapat diedit dengan cepat namun tetap memberikan hasil yang bagus.

Dengan Afterlight, foto dapat dikreasikan dengan beragam filter, dan alat-alat kelas advanced terbaik. Siapa saja dapat menggunakan fitur Adjustment Tools, Advanced Curves, hingga Selective Hue dengan bebas. Tekstur dan overlay juga hadir untuk menambah kualitas sebuah foto.

Kebingungan dengan mencari ide? Jangan khawatir. Pasalnya, Afterlight juga memiliki ratusan template karya seni, yang dapat dijadikan sebagai dasar dari editan foto. Template yang dipilih, langsung dapat diubah dengan berbagai opsi blending atau coloring yang mudah dipelajari.

5. Prisma: Photo Editor, Filters

Pernah mendapat penghargaan App of The Year di App Store, Prisma pantas digunakan sebagai aplikasi edit foto gratis di iPhone. Dengan aplikasi ini, foto ataupun selfie dapat dikreasikan dengan filter dan efek yang menarik. Cara menggunakan Prisma pun sangat mudah.

Salah satu fitur andalan dari Prisma adalah Portrait Segmentation. Fitur ini memungkinkan editing dan penambahan style pada foto secara terpisah. Misalnya, filter hanya ditambahkan kepada wajah saja. Selain itu, tampilan latar belakang dapat diubah dengan template atau foto yang diinginkan.

Secara keseluruhan, Prisma adalah aplikasi yang dapat menambah imajinasi pada foto atau selfie yang diedit. Ratusan filter menanti untuk digunakan secara bebas dan gratis. Bila ingin lebih, maka Prisma hadir dengan layanan premium yang cukup terjangkau.

6. Snapseed

Perusahaan Google ternyata tidak hanya membuat aplikasi untuk kebutuhan edukatif dan kerjaan saja. Kini, perusahaan raksasa tersebut juga menghadirkan aplikasi editing foto Snapseed, yang dapat diakses secara gratis bagi pengguna iPhone. Dengan tampilan intuitif, aplikasi ini memberikan pengalaman editing berkualitas.

Ingin bersaing dengan aplikasi editing lainnya, Snapseed tidak mau kalah dengan memberikan sekitar 29 alat editing foto. Alat-alat tersebut dimulai dari Healing Brush, Tune Image, Tonal Contrast, hingga HDR Scape. Masih banyak alat-alat editing lainnya yang disediakan dari Snapseed.

Meski berawal dari tampilan yang serba putih, Snapseed kini hadir dengan fitur Dark Mode. Fitur tersebut cocok bagi yang mengalami masalah mata, atau masalah sensitivitas dengan tingkat brightness tertentu. Bagi yang ingin melakukan photo editing, Snapseed lah pilihan yang tepat.

7. Fotograf

Aplikasi edit foto gratis di iPhone yang terakhir adalah Fotograf. Meski kurang dikenal, namun aplikasi ini memberikan kualitas editing yang underrated. Pasalnya, Fotograf memproses gambar secara 96-bit non-destructive, untuk menonjolkan kualitas terbaik dari iPhone.

Soal editing, Fotograf cukup menyajikan filter gratis yang beragam, didampingi oleh presets yang dapat dibuat sendiri. Dengan fitur Custom Presets, preset dapat kembali digunakan untuk foto-foto yang ingin ditambahkan lain waktu. Preset buatan sendiri dapat disimpan sebanyak yang ingin dimiliki.

Selain itu, Fotograf juga dapat mengganti tampilan editing menjadi portrait atau landscape, tanpa harus mengubah orientasi layar iPhone. Jadi, foto-foto landscape dapat diedit dengan aplikasi ini dengan nyaman. Fleksibilitas ini yang membuat Fotograf pantas digunakan sebagai editing foto terbaik.

Sekian informasi mengenai berbagai aplikasi edit foto gratis di iPhone untuk yang ingin mengedit dengan hasil terbaik. Aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan, diharapkan dapat memuaskan keinginan pemilik iPhone untuk mengedit foto dengan hasil yang didambakan.

Baik bagi yang belum masih pemula atau yang sudah mahir, aplikasi-aplikasi tersebut tetap dapat memberikan layanan yang berkualitas. Berkatnya, editing menjadi lebih fleksibel dan dapat dilakukan dimana saja hanya dengan menggunakan iPhone. Kreasikan foto yang dimiliki dengan aplikasi editing terbaik.

Check Also

Cara Menghapus Chat di FB Lite Secara Keseluruhan

Cara Menghapus Chat di FB Lite Secara Keseluruhan

*Artikel diperbarui pada 17 Februari 2024 kamu mungkin merasa kesulitan untuk menghapus chat di Facebook …

Theme Settings