aplikasi edit foto gratis di macbook

Aplikasi Edit Foto Gratis di Macbook Terbaik

*Artikel diperbarui pada 2 September 2023

Aplikasi edit foto gratis di MacBook banyak dicari akhir-akhir ini oleh pengguna Mac. Terutama dilakukan jika ingin mempercantik foto yang telah dipotret, maka pengguna bisa mencoba mengedit foto tersebut. Foto yang diedit pun akan tampak lebih ciamik.

Bagi pengguna yang menyukai editing foto, pastinya akan suka jika bisa mengedit foto secara gratis. Pengguna MacBook tidak usah khawatir, tersedia banyak aplikasi edit foto yang pastinya gratis dan berkualitas yang bisa diunduh. Inilah pelbagai aplikasi yang bisa diunduh:

1. Pixen

Rekomendasi aplikasi edit foto gratis di MacBook yang pertama adalah Pixen. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi pengguna yang ingin mengedit foto dengan tema animasi dan juga pixel. Fitur yang disediakan oleh aplikasi ini pun beragam, seperti lapisan foto, fitur animasi, dan juga mengubah format foto.

Fitur lapisan foto pada aplikasi Pixen bertujuan untuk menempel atau menumpuk banyak foto sesuai yang diinginkan dalam satu lembar. Tidak hanya memiliki fitur lapisan, Pixen juga menyediakan beragam animasi yang bisa mempercantik foto dan pastinya bisa digunakan secara gratis.

2. Picasa

Jika ingin mengedit foto dengan aplikasi yang kaya akan fitur menarik, maka Picasa adalah jawabannya. Aplikasi edit foto gratis di MacBook ini menyediakan fitur-fitur seperti halnya dapat menghilangkan goresan atau noda pada foto, mengedit banyak foto menjadi kolase, dan juga tersedia banyak filter yang ciamik.

Picasa menjadi rekomendasi aplikasi edit foto yang cocok untuk pemula dikarenakan pengoperasiannya yang mudah. Fitur yang disediakan oleh aplikasi ini pun terbilang cukup komplit, bahkan bisa mengubah ukuran foto sesuai yang diinginkan. Terlebih lagi, menggunakan Picasa tidak memerlukan biaya sedikit pun.

3. Seashore

Seashore merupakan sebuah aplikasi editing foto yang pastinya gratis bagi pengguna MacBook. Pengembang aplikasi Seashore membuat beragam fitur seperti gradasi warna pada foto, mengubah tekstur foto, lapisan foto, mewarnai foto, memberikan teks pada foto, hingga dapat memberikan sentuhan brush pada foto.

Pengguna dapat menemukan aplikasi ini secara gratis melalui website resmi Seashore yang bisa ditemukan di mesin pencarian online perangkat. Seashore memiliki tampilan interface yang sederhana, sehingga cocok apabila digunakan oleh editor pemula atau pengguna yang ingin mengedit foto secara cepat.

4. Chocoflop

Aplikasi yang gratis ini masih dalam tahap pengembangan. Meskipun seperti itu, Chocoflop sudah bisa digunakan dengan baik dengan dibekali oleh banyak fitur yang asik. Mulai dari fitur pengubah warna pada salah satu bagian dari objek foto, ubah diameter dan juga ketajaman foto.

Latar belakang pada foto yang ingin diedit juga bisa melalui aplikasi Chocoflop. Tidak hanya itu, mengontrol warna, mengatur kecerahan, memasukkan teks, hingga memberikan animasi pada foto telah disediakan oleh aplikasi edit foto gratis di MacBook satu ini. Jika sudah selesai dari tahap pengembangan, kemungkinan makin bertambah lagi fiturnya.

5. The Gimp

The Gimp biasa disebut sebagai Photoshop gratis yang bisa diunduh oleh pengguna MacBook. Mendapatkan sebutan tersebut, tentunya dikarenakan fitur-fitur yang dimiliki oleh The Gimp hampir sama dengan Photoshop. Bahkan, tampilan antarmuka dari The Gimp juga hampir sama dengan Photoshop.

Aplikasi yang masih beta ini dikembangkan oleh para sukarelawan, jadi terkadang masih banyak mengalami masalah pada aplikasi tersebut. Mulai dari mengubah bentuk pada foto, dimensi foto, hingga warna tersedia di dalam aplikasi ini. Brush dan juga filter serta animasi yang menarik bisa dipakai secara gratis.

6. Apple’s Photos

Aplikasi bawaan yang bisa digunakan secara gratis oleh pengguna MacBook ini bisa menjadikan foto menjadi lebih enak dipandang. Filter yang disediakan oleh Apple’s Photos pun beragam dan bisa disesuaikan dengan foto yang akan diedit. Apple’s Photos lebih menonjolkan fitur filternya daripada yang lain.

Fitur lainnya yang tak kalah saing dengan filter adalah sesama pengguna MacBook bisa berbagi foto satu sama lain melalui aplikasi. Selain itu, dengan mengedit di sini, pengguna bisa membuat sendiri album foto yang diinginkan. Pengguna bisa mengelompokkan satu foto yang sejenis dengan lainnya.

7. Aurora HDR

Bagi pengguna MacBook yang suka mengedit foto menggunakan bermacam preset yang aesthetic, maka bisa mencoba aplikasi Aurora HDR. Ratusan preset yang ciamik dapat memanjakan mata. Foto yang akan diedit tinggal dimasukkan saja, kemudian pilih preset yang ingin dipakai.

Fitur-fitur lainnya seperti ubah kontras, saturasi, dan juga fitur lainnya juga tersedia dalam aplikasi ini. Semua preset yang tersedia bisa digunakan secara gratis selama dua minggu. Apabila telah lewat maka pengguna tidak bisa mengakses berbagai preset  tadi kecuali melanjutkan pembayaran untuk membeli fitur Aurora HDR.

8. Fotor

Aplikasi edit foto gratis di MacBook berikutnya adalah Fotor. Fitur yang disediakan oleh aplikasi Fotor adalah pengguna bisa bebas membuat desain dan kolase dari banyak foto. Pengguna bisa langsung saja mengunduh aplikasi Fotor melalui website resmi yang bisa didapatkan melalui peramban.

Mulai dari pengaturan cahaya, tone, warna, HSL, struktur, noise, kurva, dan juga kegelapan foto telah tersedia di aplikasi satu ini. Dengan kualitas yang mumpuni, tampilan yang bagus, dan juga tidak berbayar menjadikan Fotor sebagai salah satu aplikasi editing yang patut untuk dimiliki di MacBook.

9. Picktorial

Tampilan berkelas nan elegan dihadirkan pengembang pada aplikasi Picktorial. Sensasi mengedit dengan tampilan yang sangat bagus dan tertata rapi pada aplikasi menjadikan hal tersebut sebagai daya tariknya tersendiri. Pengguna bisa bebas mengunduhnya melalui website resmi dari Picktorial tanpa membayar sepeser pun.

Picktorial menyediakan beragam fitur yang bisa digunakan secara cuma-cuma, seperti halnya menyediakan beragam contoh foto yang bisa dibuat menjadi latihan mengedit oleh para pengguna. Dari mulai fitur edit ukuran, warna, cahaya, ketajaman, dan lainnya bisa digunakan dengan bebas oleh pengguna.

10. Affinity Photo

Rekomendasi aplikasi yang terakhir adalah Affinity Photo. Aplikasi ini bisa didapatkan secara mudah dan tentunya gratis hanya dengan mengunjungi website resmi aplikasinya. Affinity Photo juga menyediakan fitur masa percobaan selama 14 hari untuk bisa mengakses semua fitur yang berada di dalam aplikasi.

Apabila masa percobaan telah habis, maka pengguna hanya dapat menggunakan fitur-fitur gratis yang telah disediakan oleh aplikasi. Misalnya saja seperti pengaturan ukuran foto, penambahan teks, stiker, animasi, dan coretan pada foto, lapisan foto, dan fitur lainnya.

Demikian ulasan mengenai aplikasi edit foto gratis di MacBook yang bisa membantu proses pengeditan foto. Pengguna bisa mencoba salah satu dari rekomendasi di atas yang telah tersedia secara gratis, serta kaya akan fitur-fitur yang menarik dan memanjakan mata.

Sepuluh aplikasi yang telah disediakan di atas bisa langsung diunduh melalui website resmi aplikasi. Pengunduhan yang dilakukan pun bisa digunakan secara gratis, kecuali untuk aplikasi yang diharuskan berbayar. Aplikasi di atas bisa menjadi alat untuk mengedit foto agar tampak lebih ciamik.

Check Also

Cara Menghapus MySearch123 dalam Langkah Singkat

Cara Menghapus MySearch123 dalam Langkah Singkat

*Artikel diperbarui pada 20 Maret 2024 Ingin tahu cara menghapus MySearch123 dari perangkat kamu? Simak …

Theme Settings