Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Bantu Mengajar yang Harus Dimiliki Guru Saat Pembelajaran di Kelas

Alat Bantu Mengajar yang Harus Dimiliki Guru Saat Pembelajaran di Kelas
By ragam.id, 2021

Alat Bantu Mengajar yang Harus Dimiliki Guru Saat Pembelajaran di Kelas, banyak di antara guru-guru baru seperti honorer, atau baru diterima daftar CPNS, dan guru yang sudah lama terjun ke dunia pendidikan. Bahkan para calon guru dari universitas, jurusan pendidikan yang sedang menjalankan PKL ke sekolah-sekolah.

Banyak sekali alat penunjang pembelajaran bagi guru saat menjalankan tugasnya memberikan materi di dalam ruangan kelas. Terutama bagi bapak/ibu yang baru terjun di dunia pendidikan, pasti kebingungan kira-kira apa ya yang harus disiapkan guru ?! Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan Bapak/Ibu perhatikan penjelasan di bawah.

Alat Bantu Mengajar

Ada beberapa contoh alat bantu mengajar yang harus dimiliki guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, seperti :

1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang sering guru kenal dengan istilah RPP adalah sebuah acuan yang wajib dimiliki guru pada saat melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. RPP bisa mengantarkan guru supaya materi yang disampaikan sinkron dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD).

Maka dari itu, RPP bisa dikatakan bagian alat bantu mengajar untuk para guru di kelas. RPP yang disesuaikan dengan Silabus Pembelajaran ini biasanya dibuat dalam lembaran kertas, contoh seperti RPP 1 Lembar SD, RPP 1 Lembar SMP, RPP 1 Lembar SMA, RPP 1 Lembar SMK, dan lainnya.

2. Buku Guru dan Buku Siswa

Selanjutnya Alat Bantu Mengajar pada saat guru di kelas  yang harus bapak / ibu manfaatkan adalah buku paket pelajaran, baik itu buku paket untuk siswa maupun buku paket untuk guru. Akar pembahasan materi di kelas yang akan kita gunakan sebagai bahan ajar, yaitu berasal dari buku sekolah tentunya.

Buku paket ini biasanya banyak digunakan oleh tenaga pendidik saat menyampaikan materi di dalam kelas. Apalagi jaman dahulu sebelum adanya media pembelajaran canggih dengan menggunakan teknologi seperti sekarang ini. 

3. Alat Tulis

Alat Tulis Kantor (ATK) perlu sekali dimiliki seorang guru saat dikelas. Alat tulis ini digunakan untuk menulis absensi, mengecek dan memberikan penilaian latihan siswa, juga untuk menulis di papan tulis Whiteboard.

Adapun jenis alat tulis Bantu Guru Mengajar di kelas seperti : Pulpen(Ballpoint) warna hitam dan warna putih, Pensil dan Spidol bor (spidol whiteboard).

4. Alat Bantu Papan Tulis Whiteboard

Papan Tulis ini merupakan alat media pembelajaran yang wajib ada di dalam kelas. Dulu papan tulis yang digunakan di kelas untuk belajar, terbuat dari bahan triplek yang dicat hitam atau yang sering disebut blackboard. Setelah mengalami kemajuan blackboard digantikan dengan whiteboard atau disebut papan tulis warna putih.

Beda lagi di jaman sekarang dengan adanya peran teknologi yang semakin berkembang, sebagian dari sekolah dan kampus pun menggunakan papan tulis digital sebagai alat untuk memudahkan guru mengajar.

5. Alat Bantu Laptop

Laptop merupakan alat bantu guru dalam menjalankan media pembelajaran digunakan untuk menyusun materi pembelajaran dan merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Materi yang disusun biasanya dalam bentuk powerpoint, yang nantinya di tampilkan di proyektor.

Yang menjadi patokan adalah siswa atau siswi sekolah jaman sekarang lebih melek teknologi. Maka dari itu, guru terdahulu harus update mengikuti perkembangan jaman. Dengan demikian Bapak dan Ibu guru dituntut untuk mampu menguasai teknologi seperti laptop ini.

6. Alat Bantu Proyektor

Proyektor merupakan Alat Bantu Pembelajaran yang digunakan untuk menampilkan media pembelajaran seperti; Tulisan, Gambar, dan Video. Menurut saya teknologi ini sangat bagus dan membantu memudahkan pekerjaan guru saat mengajar di kelas. Sehingga sebagian siswa mudah memahami materi yang Bapak/Ibu jelaskan.

Sayangnya fasilitas infokus ini belum terdapat di setiap sekolah-sekolah. Apalagi di sekolah terpencil, yang memaksa guru untuk lebih kreatif menggunakan dan menciptakan fasilitas media pembelajaran sekolah.

7. Alat Bantu Jam

Jam disini merupakan media pembantu atau penunjang batasan durasi waktu bapak/ibu pada saat mengajar di kelas. Karena tidak sedikit guru mengajar di kelas sering kebablasan mengajar, tahu-tahu waktunya sudah habis. Bahkan seperti yang sering saya alami sendiri, karena keenakan menerangkan ke siswa eh waktunya kebablasan.

Selain kebablasan juga kadang materi tidak semua tersampaikan karena waktu keburu habis. Dalam kasus di atas sering terjadi pada sekolah yang tidak memiliki bel atau alarm sekolah. Maka jam sangat diperlukan sekali olah bapak/ibu.

Itulah beberapa Alat Bantu Mengajar yang harus dimiliki seorang guru di kelas, yang secara umum wajib dimiliki seorang guru saat melakukan proses pembelajaran di kelas.


Saepuloh, S.Pd.
Saepuloh, S.Pd. A Content Creator and Teacher

Posting Komentar untuk "Alat Bantu Mengajar yang Harus Dimiliki Guru Saat Pembelajaran di Kelas"