Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makam Raden Yudanegara Pamijahan Tasikmalaya Jawa Barat

Konten [Tampil]
Makam Raden Yudanegara Pamijahan Tasikmalaya Jawa Barat

Makam Raden Yudanegara Pamijahan Tasikmalaya Jawa Barat adalah sebuah makam keramat yang berada di tempat objek wisata ziarah Pamijahan, dan masih ada kaitannya dengan makam Pamijahan, situs objek wisata Makan Syekh Abdul Muhyi waliyullah pisaparwadi Pamijahan.

Artikel yang saya buat ini, terinsfirasi dari sebuah pernyataan yang secara tidak sengaja saya menuturkan sebuah pertanyaan kepada para sahabat saya di medsos. Dari adanya tempat wisata keagamaan Raden Yuda negara, berikut adalah sample pertanyaan yang brosakti paparkan;

Apakah sahabat Sakti pernah berziarah ke Pamijahan ?

Apakah sahabat pernah berdoa di Makam Raden Yuda Nagara ?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut saya membuat footing di Facebook Wisata Religi Pamijahan yang saya kelola secara pribadi. Dan hasilnya cukup mencengangkan ternyata, banyak sekali wisatawan yang berziarah ke Pamijahan, belum mengetahui tempat patilasan Makam Raden Yudanegara tersebut.

Alamat Makam Raden Yudanegara

Makam Raden Yudanegara terletak di Dusun Pamijahan, Rt/Rw: 02/02. Makam ini berjarak 670 m dari terminal dan 480 m dari gerbang pintu masuk ziarah Pamijahan dan sekitar 100 m dari jalan menuju ke makam Syekh KH Abdul Muhyi.

Kuncen dari komplek Makam Raden Yuda negara ini masih dari sesepuh Pamijahan KH. Endang Adjidin namaya. Panjang ruangan makam ini yaitu 11 m dan lebar 6 m, luasnya adalah 66 m2. 

Silsilah Raden Yudanegara

Berikut Sakti sampaikan sirsilah singkat Makam Raden Yuda negara, merupakan makam seorang bangsawan Sukapura yaitu Raden Yuda negara, beliau merupakan anak ke dua dari Raden Tumenggung Anggadipa Wiradadaha III. Beliau masih memiliki hubungan kekerabatan dengan Syekh KH. Abdul Muhyi.

Untuk lebih jelasnya tentang sejarah atau silsilah pangeran yudanegara, sahabat Sakti bisa membeli buku tentang Pamijahan atau bertanya secara langsung kepada kuncen kasepuhan di Pamijahan seperti Kang H. Endang Adjiddin atau Kang H. Beben.

Ruangan Makam Raden Yudanegara

Ruangan Makam Raden Yudanegara berada tepat berdampingan dengan Makam Sembah Azengtanganjiah. Di dalam ruangan tempat berziarah terdapat pintu masuk ruangan khusus makam Raden Yudanegara yang berukuran kecil dan terdapat tempat untuk berziarah berukuran 1 m. 

Ruangan Makam Raden Yudanegara

Tempat berziarah ini biasa digunakan oleh para peziarah yang mempunyai maksud tertentu dan biasanya yang berziarah di dalam ruangan khusus makam Raden Yudanegara ini juga berjumlah tidak lebih dari 15 orang anggota peziarah. Di bagian dalam makam juga terdapat beberapa makam kerabat dari Raden Yudanegara.

Mushola Makam Raden Yudanegara

Tepat di depan mushola atau sebelum menuju ke makam Raden Yudanegara, terdapat toilet sekaligus tempat berwudu para wisatawan yang hendak berziarah ke dalam makam Raden Yudanegara. Bagi wisatawan yang mau melaksanakan shalat terlebih sebelum melakukan ziarah di makam ini, maka letak musola makam Raden Yudanegara berada tepat di bawah makam beliau atau di depan toilet. 

Mushola Makam Raden Yudanegara

Musholanya lebih terawat dibandingkan dengan fasilitas toilet serta tempat berwudunya yang kurang bersih dan terkadang pada musim kemarau air ditempat tersebut kadang habis. Jadi, jika sahabat ingin berkunjung ke Makam Raden Yudanegara sakti sarankan untuk berwudzu di tempat lain.

Penutup

Itu lah, cerita singkat mengenai Makam Raden Yudanegara Pamijahan Tasikmalaya yang bisa Sakti paparkan. Semoga dapat mewakili jawaban dari pertayaan-pertanyaan yang sahabat  berikan dan dapat menambah wawasan bagi sahabat semuanya. 

Mohon maaf jika banyak kekurangan dari penulisan artikel ini, jika ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. jika sahabat suka dengan informasi ini, silahkan kunjungi artikel menarik Ragam.id lainnya. Terimakasih !

NGIBLAT
NGIBLAT Brosakti kini berpindah nama menjadi NGIBLAT (ngiblat.blogspot.com)

3 comments for " Makam Raden Yudanegara Pamijahan Tasikmalaya Jawa Barat"

  1. Website Brosakti kini berpindah tangan menjadi NGIBLAT, semoga rekan-rekan semua bisa memaklumi hal ini. Juga untuk intansi terkait yang mengelola situs yang bernama ngiblat.com, semoga bisa amanah. Amiin

    ReplyDelete