Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siap Nikah ? Tujuan Pernikahan dalam Islam yang Harus Kamu Ketahui

Konten [Tampil]
Tujuan Pernikahan dalam Islam
Ilustrasi Pernikahan. @2020 Ragam.id/Pixabay
Assalamualaikum..

Siap Nikah ? Tujuan Pernikahan dalam Islam yang Harus Kamu Ketahui. Sahabat Ragam.id dimana pun berada semoga selalu mendapatkan lindungan serta karunia dari Allah SWT. Menikah sebuah pekerjaan seumur hidup, juga menikah antara keinginan dan tujuan, dalam 24 jam per harinya kita dituntut untuk belajar yaitu dari awal kita membuka mata, sampai akhir kita menutup hari.

Kesiapan Menikah 

Siap menikah menurut islam ? Menikah itu membutuhkan sebuah  niat dan juga kesiapan, tanda anda sudah siap menikah akan saya berikan gambaran dalam jurnal keluarga dan konsumen tentang Kesiapan Menikah. Diterangkan bahwasanya kesiapan menikah meliputi beberapa hal, yaitu ;

  1. Kesiapan Emosi, kesiapan emosi yang meliputi emotional control dan juga empathy.
  2. Kesiapan Sosial, kesiapan sosial yang meliputi social kemudian social cognitive dan juga tolerance.
  3. Kesiapan berperan di masyarakat
  4. Berkomunikasi yang baik
  5. Kesiapan finansial,
  6. Kesiapan seksual dan juga 
  7. Kesiapan usia

Jika beberapa hal yang saya jelaskan di atas sudah ada dalam diri anda, maka itu adalah tanda anda sudah siap menikah. Adapun usia ideal yang diterangkan dalam jurnal ini adalah antara 26 tahunan. Ini untuk laki-laki dan 23 tahunan ini untuk perempuan dan itu sebagian jawaban sudah siap nikah. 

Tapi bagaimana jika di luar usia tersebut ? tidak apa-apa yang penting kesiapannya sudah matang dan harus diingat tujuan menikah muda harus sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Supaya tidak ada masalah dalam pernikahan.

Tujuan Pernikahan dalam Islam

Secara umum tujuan nikahan dalam Islam, hal ini juga sudah di jelaskan di artikel sebelumnya tentang hukum nikah jangan lupa baca artikelnya ya. Sahabat brosakti menikah tidak hanya berhenti pada niat dan kesiapan saja, tentunya ada tujuan atau motivasi bagi setiap orang yang ingin menikah dan pastinya itu akan berbeda-beda. 

Tapi di sini ada tujuan pernikahan secara umum yang dirangkum oleh Dr. Faizah Sybromalisi dalam salah satu papernya tentang kekerasan dalam rumah tangga. Di mana beliau merangkum poin-poinnya menjadi lima hal sebagai berikut :

  1. Tujuan menikah adalah karena perintah Allah Subhanahu wa ta’ala, terangkum dalam Surat An-Nur Ayat 24. 
  2. Karena mengikuti sunnah Rasululah Shallallahu alaihi wasalam.
  3. Untuk memiliki keturunan, Meskipu hal ini tidak menjadi tolak ukur kebahagiaan yang paling utama. Karena pada dasarnya rezeki keturunan setiap orang juga berbeda-beda. Contohnya Rasulullah SAW di karuniai keturunan hanya dari Siti Khadijah Ra dan juga Sayyidah Al-Qibtiyah.
  4. Menjaga kesucian diri atau ‘Iffah.
  5. Untuk membentuk keluarga yang sakinnah mawaddah warohmah. 

Sejalan dengan 5 rukun nikah, sebagai mana yang terangkum dalam Surat Ar-Rum ayat 24; “Dan di antara tanda-tanda kekuasaannya adalah dia menciptakan untukmu pasangan-pasanganmu dari jenismu sendiri supaya kamu dapat memperoleh ketentraman dan dijadikan di antaramu kasih dan sayang”.

Nah sahabat brosakti, Tujuan menikah secara umum untuk membentuk keluarga yang sakinah mawadah warohmah tentunya juga menjadi cita-cita dan tujuan kita bersama. Bagi siapa pun yang ingin menikah atau sedang menjalani kehidupan pernikahan. 

Bagai mana caranya ? 

Sejalan dengan hal ini John M. Gottman seorang peneliti dan juga profesor yang mendirikan Gottman Institute di mana organisasinya ini didedikasikan untuk meneliti hubungan romansa menyatakan bahwasanya ada beberapa kiat untuk menjadikan keluarga yang harmonis alias langgeng.

Nah, apa itu ? diantaranya adalah dengan memberikan penghargaan-penghargaan kecil terhadap pasangan yang dimiliki. Apa saja contohnya ? misal, di pagi hari begitu kita bangun memberikan morning greetingnya ya. Meskipun itu degan sapaan kecil “hai, salam, halo, atau apa pun itu, kemudian memberikan pujian kepada pasangan.

Selanjutnya indikator siap menikah adalah jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih terhadap hal-hal kecil yang sudah dilakukan, dan juga ucapan-ucapan kecil yang bermanfaat bagi pasangan masing-masing. Karena itu juga merupakan hikmah dan tujuan pernikahan dalam Islam.

Lalu sahabat brosakti, bagai mana jika hal tersebut tidak dilakukan atau hilang ? jika tidak dilakukan atau hilang sebenarnya tidak membuat automatically retak. Tetapi hal itu dapat membuat kehidupan pernikahan semakin hari semakin lemah dan akan merasa hambar tentunya hal ini kita tidak inginkan. Dan juga akan berpengaruh terhadap tujuan menikah untuk laki-laki.

Sahabat brosakti yang dirahmati Allah, pernikahan itu bukanlah mesin untuk menciptakan kebahagiaan!. We create that happiness tujuan utama menikah kitalah yang menciptakan kebahagiaan itu. So, bagai mana kita menjalani kehidupan pernikahan yang bahagia ? Sesudah Menikah Istri patuh Suami atau Orang Tua ?  (questionnaire nikah)

Itu adalah tergantung dengan kita, tergantung bagaimana kita menciptakan suasana yang nyaman atau sakinah dan hikmah pernikahan. Tentunya dengan mempertimbangkan niat, kesiapan, juga tujuan utama menikah dan berkeluarga tentunya.

Buat Apa Nikah ? Tujuan Pernikahan yang Harus Kamu Ketahui !


Oke, demikian lah pembahasan Siap Nikah ? Tujuan Pernikahan dalam Islam yang Harus Kamu Ketahui kali ini semoga dapat bermanfaat bagi sabat semuanya. 


Penulis : Saepuloh, S.Pd.
Narasumber : Isna Rahma Solihatin, Lc., M.Pd.
NGIBLAT
NGIBLAT Brosakti kini berpindah nama menjadi NGIBLAT (ngiblat.blogspot.com)

Post a Comment for "Siap Nikah ? Tujuan Pernikahan dalam Islam yang Harus Kamu Ketahui"