Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Objek Wisata Goa Keraton Pamijahan, Tasikmalaya

Konten [Tampil]
Goa Karaton Pamijahan

Objek Wisata Goa Keraton Pamijahan Tasikmalaya, untuk alamat terletak di Dusun Panyalahan Rt/Rw: 01/03, Desa Pamijahan, Kecamatan Bantarkalong, Tasikmalaya. Goa ini juga terletak kurang lebih 100 m dari gerbang Goa Saparwadi tempat ziarah Pamijahan Tasikmalaya.

Tempat wisata yang satu ini bukan terletak di Pamijahan Bogor atau Pamijahan Cirebon, melainkan berada di Kabupaten Tasikmalaya. Tepatnya di Objek Wisata Religi Pamijahan Tasikmalaya Jawa Barat.

Goa Karaton merupakan situs goa pamijahan yang tergolong baru ditemukan dibandingkan dengan Goa Saparwadi. Goa ini berada di kawasan perkebunan yang memiliki akses jalan cukup curam. Sejarah goa keraton pamijahan dulunya tempat bertawajub para auliyaallah, termasuk Syekh Abdul Qodir dengan gurunya. 

Seperti sejarah goa pamijahan Objek Goa Keraton ini dulunya tidak dianjurkan untuk dikunjungi oleh umum, namun setelah banyak wisatawan yang tau tempat ini maka sering banyak peziarah yang berholwat di dalam Goa Karaton. Banyak orang yang berdoa di dalam goa ini semata-mata untuk kepentingan yang sangat penting atau pribadi.

Jadi yang mengunjungi situs goa karaton adalah para wisatawan khusus, yang mempunyai maksud dan tujuan tertentu untuk bertapa atau menenangkan diri saat beribadah kepada allah SWT di dalam goa tersebut. Walaupun Pamijahan tutup di bulan-bulan tertentu, tempat wisata yang satu ini selalu ada yang mengunjunginya.

Akses Jalan Menuju Goa Keraton

Jalan Menuju Goa Karaton

Kondisi jalan menuju Goa Keraton pada saat ini masih berbentuk tanah yang menyerupai berbentuk tangga dan ditahan oleh bambu pada sisi-sisi tangganya. Jika terjadi hujan, kondisi jalan menuju Guha Karaton menjadi agak susah untuk di lalui karena jalannya licin.

Saya menyarankan kepada para wisatawan yang hendak mengunjungi situs goa karaton ini, untuk lebih berhati-hati. Kalau di lihat dari kondisi jalan memang masih memprihatinkan, tapi ada keindahan dan sensasi yang luar biasa. Sebab pada saat kita menyusuri jalan, akan terasa berada di dalam hutan yang kondisi udaranya masih sejuk.

Pada saat kalian hendak memasuki goa karaton, terdapat satu lobang kecil sebagai gerbang masuknya. Lobang tersebut di halangi satu besi bekas pintu penutup goa tersebut, kondisi lubangnya yang kecil pada saat hendak memasukinya pun sahabat harus agak menundukan badan.

Kondisi di Dalam Goa Keraton

Kondisi di Dalam Goa Karaton

Kondisi ruangan di dalam Goa Karaton ini tidak terlalu besar dibandingkan dengan Goa saparwadi. Bagian ini banyak terdapat batuan stalakmit dan batuan stalaktit yang cukup besar terbentuk secara alamiah kemungkinan umurnya ratusan tahun yang lalu.

Namun ada rasa ke kecewaan dalam hati saya pada saat melihat kondisi di dalam Goa Karaton, karena keadaan batuan stalaktit di dalam goa ini banyak dirusak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Yang dapat berdampak buruk terhadap manfaat ziarah ke pamijahan.

Selain itu, di dalam Goa Karaton terdapat satu bak air yang sengaja dibuat oleh instansi setempat, bak tersebut digunakan untuk keperluan bersuci atau berwudzu. Kejernihannya sama seperti air kahuripan pamijahan. Jika musim hujan air di bak tersebut terlihat penuh, lain halnya pada saat musim kemarau bak tersebut cuman menampung sedikit air. 

Ruang Tempat Bertapa

Ruang Tempat Bertapa

Ruangan tempat bertapa ini, merupakan tempat yang dipakai oleh para wisatawan khusus, di dalamnya terdapat dua ruangan yang beralaskan kardus, ruangan ini berada diantara himpitan batu besar. Pada saat masuk ke dalam goa karaton di sarankan untuk mengantri, karena kondisinya licin dan ruangannya cukup kecil.

Tempat bertapa ini adalah sebuah bukti nyata jejak para wali Allah terdahulu pada saat beribadah dan menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Jika sahabat ingin mendapatkan manfaat ziarah ke Pamijahan dan ingin mencoba menenangkan diri di tempat ini, di sarankan membawa alas untuk duduk. 

Pintu Keluar Goa Keraton

Pintu Keluar Goa Karaton

Goa Karaton ini tidak memiliki tembusan pintu keluar seperti Goa Saparwadi atau istilah Goa Pamijahan Tasikmalaya. Jadi, jika ingin keluar dari dalam goa ini, sahabat harus berjalan kembali ke tempat di mana sahabat pertama masuk tadi.

Terdapat satu tiang besi di gerbang pintu keluar Goa Kerataon yang bisa sahabat gunakan untuk berpegangan pada saat mau keluar dari dalam goa. Faktor jalannya yang agak berair, maka sahabat harus berhati-hati pada saat melewatinya. Di dalam goanya pun tidak terdapat photo Syekh Abdul Muhyi Pamijahan.

Itulah cerita singkat mengenai Objek Wisata Goa Keraton Pamijahan Tasikmalaya, yang patut untuk sahabat kunjungi jika hendak berziarah ke makam para wali di objek wisata Pamijahan Tasikmalaya. Saya menyarankan kepada para pengunjung untuk menjaga keindahan alam yang ada di goa Pamijahan Tasikmalaya tersebut. Terimakasih

NGIBLAT
NGIBLAT Brosakti kini berpindah nama menjadi NGIBLAT (ngiblat.blogspot.com)

4 comments for " Objek Wisata Goa Keraton Pamijahan, Tasikmalaya"