Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Luas Negara Indonesia di Bandingkan dengan Negara-Negara lain di Dunia

Konten [Tampil]

Pertemuan kali ini kita akan membahas seputar Luas Negara Indonesia di Bandingkan dengan Negara-Negara lain di Dunia. Supaya mudah di pahami kalian simak penjelasan berikut.

Seberapa Besar Luas Negara Indonesia Sebenarnya

Indonesia adalah Negara dengan luas wilayah secara keseluruhan 1,9 juta km persegi. Indonesia juga adalah negara terbesar ke-13 di dunia. Jika kita lihat dari peta dunia yang biasa pada umumnya indonesia terlihat cuku besar.

Nah, untuk mengetahui seberapa besar Negara Indonesia dapat di ketahui dengan menggunakan Model-model Proyeksi di bawah ini :

Proyeksi Geradus Mercator, Luas Negara Indonesia di Bandingkan dengan negara-negara lain di dunia
By: Blue Spot Animasi

1. Model Poyeksi GERARDUS MERCATOR

Hingga saat ini untuk membuat peta dunia cara kerjanya ibarat kalian mengupas kulit jeruk, lalu di tempelkan di atas bidang persegi panjang. Dengan cara seperti ini, akhirnya wilayah yang makin dekat dengan kutub otomatis menjadi lebih lebar dari ukuran aslinya. cara seperti ini disebut "Model PROYEKSI GERARDUS MERCATOR".

Proyeksi gall-Peteres, Luas Negara indonesia di bandingkan dengan negara-negara lain di dunia
By: Blue Spot Animasi

2. Model Proyeksi GALL-PETERES

Tapi jika menggunakan Model Proyeksi Gall-peteres maka besar Negara Indonesia yang sebenarnya, jauh lebih besar dari yang kita selama ini.
Sekarang mari kita bandingkan Indonesia dengan Negara-Negara lain :
  • Indonesia dengan Amerika Serikat
  • Indonesia dengan Kanada
  • Indonesia dengan China
  • Indonesia dengan India
  • Indonesia dengan Rusia
  • Indonesia dengan Eropa
Begitu diletakan di garis lintang negara-negara yang dekat dengan kutub, maka bentuk peta indonesia semakin terlihat ukuran yang sebenarnya. Peta dunia yang selama ini kita gunakan membuat persepsi seolah-olah luas Indonesia tidak seberapa.

Kini kita mengerti bahwa Indonesia benar-benar sebuah negara yang besar. Jadi, dapat dikatakan bahwa mengatur negara sebesar Indonesia itu sama saja dengan mengatur seluruh Eropa.

Bayangkan membangun infrastruktur nya, mengatur sumber daya manusianya, mengelola kekayaan alamnya dan lain-lain akan membutuhkan waktu yang sangat lama sekali loh.

Sampai di sini materi tentang Luas Negara Indonesia di Bandingkan dengan Negara-Negara lain di Dunia. Semoga dapat menambah wawasan kalian tentang Negara Indonesia yang kita cintai ini. Semoga kalian semakin bangga dengan luas negara kita ini. Jika kalian belum paham dengan materi kali ini, silahkan ulangi materinya dari awal atau bisa sisipkan pertanyaan di kolom komentar. Terimakasih, Salam Pendidikan.
NGIBLAT
NGIBLAT Brosakti kini berpindah nama menjadi NGIBLAT (ngiblat.blogspot.com)

Post a Comment for "Luas Negara Indonesia di Bandingkan dengan Negara-Negara lain di Dunia"