Objek Wisata Ziarah Pamijahan, Tasikmalaya Jawa Barat

Objek Wisata Ziarah Pamijahan, Tasikmalaya Jawa Barat

Ragam.id – Objek Wisata Ziarah Pamijahan Tasikmalaya Jawa Barat, merupakan potensi unggulan daerah kabupaten tasikmalaya, tempat berziarah yang menjadi tujuan para wisatawan dalam mengunjungi tempat-tempat patilasan peninggalan para waliyullah dalam menyebarkan agama islam di tanah jawa, khususnya di daerah selatan Kabupaten Tasikmalaya.

Dari adanya tempat wisata pamijahan tasikmalaya, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengujungi Tempat liburan islami atau keagamaan destinasi wisata Pamijahan yang ada di kawasan Desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya. 

Maka dari itu banyak berdatangan para wisatawan dari sekitaran Pulau Jawa diantaranya, Jawa Tengah, Jawa Timur dan tersebar dari luar Pulau Jawa bahkan sempat ada wisatawan yang datang dari luar negara Indonesia seperti Negara Malaysia, Brunei dan Prancis. 

Wisatawan yang datang untuk berkunjung ke tempat wisata religi Pamijahan dan mencapai puncaknya di bulan maulud, silih maulud, rajab, rowah dan menjelang bulan puasa. Salah satu tempat wisata tasik yang buka selama 24 jam.

Alamat Pamijahan Tasikmalaya

Bertikut saya jelaskan dengan lengkap alamat tempat wisata ziarah Pamijahan yaitu berada di Desa Pamijahan, Rt/Rw : 02/02, Kecamatan Bantarkalong,  Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Kode Pos Pamijahan 46187).

Jika sahabat sedang ingin mengunjungi tempat ziarah Pamijahan, silahkan buka di Map. Untuk lebih jelasnya lagi saya paparkan posisi Wisata Pamijahan berdasarkan posisi peta dan titik kordinatnya berikut ini; Jika di tempuh dari pusat Kota Tasikmalaya tepatnya berada di sekitar kurang lebih 60 km ke arah selatan, atau dapat juga di askes menggunakan angkutan umun Jalur Tasik Bandung.

Luas area desa Pamijahan secara geografis sekitar 1000,37 Ha dalam ketinggian 593 dpl (Dari Permukaan Laut), orang-orang biasa menyebut lokasi ini seagai daerah Karangnunggal. Secara administratif wilayah Desa Pamijahan berbatasan dengan empat desa, diantaranya :

  • Arah timur : Desa Parakanhonje
  • Arah barat : Desa Wangunsari
  • Arah selatan : Desa Mekarlaksana
  • Arah utara : Desa Sukamaju

Peta Administratif Kecamatan Bantarkalong

Lebih jelasnya silahkan lihat pada Peta Administratif Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya, yang sudah saya buat :

Peta Administratif Kecamatan Bantarkalong

Kantor Desa Pamijahan letaknya berdampingan dengan terminal wisata Pamijahan. Jalan di Desa Pamijahan terlihat cukup baik, dengan adanya sarana transportasi yang menghubungkan jalan antara kecamatan dan propinsi. Kalau dari bandung lewat jalur gentong menuju ke tasikmaya.

Desa Pamijahan terletak di jalur jalan provinsi di sebelah barat Kabupaten Tasikmalaya, sehingga jarak antara Desa dengan Ibu Kota Kecamatan sekitar 11 km, sedangkan dengan Ibu Kota Kabupaten sekitar 60 km.

Peta Administratif Desa Pamijahan

Agar dapat melihat lokasi Objek Wisata Religi Pamijahan, maka disediakan Peta Adminstratif  Desa Pamijahan sebagai berikut:

Peta Administratif Desa Pamijahan

Secara administratif Desa Pamijahan Tasikmaya terdiri dari 6 kedusunan, silahkan simak datanya berikut ini :

  • Dusun Parungpung terdiri dari 4 RT
  • Dusun Pamijahan terdiri dari 7 RT
  • Dusun Panyalahan terdiri dari 6 RT
  • Dusun Koranji terdiri dari 4 RT
  • Dusun Cicandra terdiri dari 4 RT
  • Dusun Pandawa terdiri dari 3 RT

Sejarah Pamijahan

Sejarah singkat, Desa Pamijahan dulunya adalah desa perpaduan antara Desa Bongas dan Desa Cintabodas yang mengalami pemekaran pada tahun 1979, kemudian pada tahun 1982 mengalami pemekaran kembali yaitu Desa Bongas menjadi Desa Wangunsari.

Dari sejak itulah, Desa Pamijahan berdiri sampai sekarang. Desa Pamijahan dulunya merupakan kampung, terletak di pinggir kali yang dijadikan tempat oleh para wali untuk menyebarkan agama islam dan sampai saat ini dijadikan tempat karamat. 

Sehingga banyak wisata religi dari berbagai daerah berkunjung ke wisata pamijahan tasikmalaya.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai sejarah Pamijahan ada kaitannya dengan asal usul latar belakang perjalanan Syekh KH. Abdul Muhyi sewaktu menimba ilmu sampai mendapatkan mandat dari gurunya untuk mencari sebuah goa yang ada di Pulau Jawa yang sekarang dikenal dengan Guha Saparwadi Pamijahan.

Biaya Tiket Masuk Wisata Ziarah Pamijahan

Adapun tarif tiket masuk kendaraan biaya ziarah pamijahan adalah sebagai berikut:

Untuk Tarif Tiket Wisata Religi Pamijahan Perjenis Kendaraan tersebut sudah termasuk dana kebersihan, dana kasepuhan dan dana untuk desa. Pada saat wisatawan yang datamg mencapai puncaknya maka kendaraan yang parkir bisa mencapai perbatasan Desa Pamijahan dengan Desa Parakanhonje.

Yanga tepatnya antara Dusun Parungpung sampai ke Simpangurmi. Kalau sudah terjadi macet panjang, kendaraan roda empat tidak dapat dipaksakan untuk sampai ke terminal Pamijahan.

Maka wisatawan terpaksa harus jalan kaki atau menggunakan jasa ojek dengan tarip Rp.5000 sampai Rp.10.000 dari tempat macet sampai ke terminal atau sampai kedepan gerbang wisata Pamijahan tergantung jauh dekatnya jarak tempuh ke terminal. 

Bila kendaraan yang mengangkut wisatawan berhenti di terminal Pamijahan, maka wisatawan harus berjalan sejauh kurang lebih 40 meter dari terminal untuk sampai ke gerbang masuk objek wisata religi Pamijahan.

Fasilitas Objek Wisata Pamijahan

Berikut merupakan beberapa fasilitas yang terdapat pada objek wisata Ziarah Pamijahan di antaranya :

Jenis Fasilitas Keterangan
Terminal & Area Parkir Kendaraan Berbayar
Penginapan Berbayar
Rumah Makan Berbayar
Mesjid/Mushola Gratis
Toilet/WC Umum Gratis & Berbayar
Area Istirahat Gratis
Mobil Pelayanan Gawat Darurat Gratis

Dari beberapa fasilitas yang terdapat di tempat wisata ziarah Pamijahan ada yang berbayar dan ada yang gratis. Area parkir yang ada di tempat wisata tersebut cukup bermacam-macam dari mulai terminal yang di fungsikan untuk kendaraan besar seperti bus wisata, mini bus, dan mobil pribadi. 

Walau terkadang terminal tersebut tidak cukup menampung kendaraan-kendaraan besar tersebut pada hari-hari tertentu. Selain itu, ada juga fasilitas kendaraan roda empat yang di fungsikan untuk pelayanan gawat darurat.

Objek Wisata  Religi Pamijahan

Letak sebaran objek wisata religi Pamijahan berdasarkan hasil analisis lapangan wisata di pamijahan berada di lokasi dan kedusunan yang berbeda-beda dan ada pula yang berada di kedusunan yang sama di Desa Pamijahan. 

Peta Objek Wisata Religi Pamijahan

Peta Objek Wisata Religi Pamijahan
Site Plan Sebaran Lokasi Objek Wisata di Pamijahan

Objek wisata religi Pamijahan yang sering dikunjungi para wisatawan adalah Makam Syekh KH. Abdul Muhyi dan Goa Saparwadi Pamijahan. Berikut ini adalah sebaran lokasi objek wisata religi Pamijahan di Desa Pamijahan yang dapat dilihat melalui Site Plan Sebaran Lokasi Objek Wisata Religi Pamijahan di atas.

Adapun objek wisata yang terdapat di Desa Pamijahan yaitu tempat berziarah berupa makam para wali terdahulu sebagai tempat Ziarah kubur yang tersebar di setiap kedusunan Desa Pamijahan. 

Seperti Makam Syekh KH. Abdul Muhyi, Makam Syekh Khotib Muwadid, Makam Syekh Adbul Kohar, Makam Syekh Sacaparana Bengkok, Makam Raden Yudanegara Makam Sembahazeng Tanganziah. 

Selain itu, ada juga Masjid Pusaka dan salah satu goa peninggalan para waliyullah diantaranya Goa Saparwadi dan Goa Karaton. Tempat ini banyak sekali di kunjugi witasa religi setelah selesai berziarah di makam Syekh KH. Abdul Muhyi.

Beberapa Objek Wisata Ziarah di Pamijahan Tasikmalaya Jawa Barat diantaranya :

  1. Makam Syekh KH. Abdul Muhyi
  2. Guha Saparwadi Pamijahan
  3. Makam Syekh Khatib Muwahid
  4. Makam Syekh Abdul Kohar 
  5. Makam Syekh Sacaparana Bengkok
  6. Makam Raden Yudanegara
  7. Makam Sembah Azengtanganjiah
  8. Goa Kerataon Pamijahan
  9. Masjid Pusaka Pamijahan

Silahkan klik situs makam dan goa di atas, jika sahabat ingin tahu lebih dalam mengenai Objek Wisata Religi Pamijahan. Disitu sudah saya jelaskan dengan lengkap mengenai sejarah, foto situsnya dari destinasi objekwisata regi Pamijahan.

Simpulan

Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil penelitian dan pengolahan analisis data, maka saya menarik simpulan sebagai berikut:

Makam Syekh KH. Abdul Muhyi, merupakan situs makam yang paling diminati oleh pariwisata ziarah Pamijahan. Selain itu ada juga makam Syekh Khatib Muwahid, makam Syekh Abdul Kohar, makam Syekh Sacaparana Bengkok, makam Yudanegara, makam Sembah Azengtanganjiah.

Situs Peninggalan Para waliyullah berupa Goa Saparwadi merupakan situs goa peninggalan waliyullah Syekh Abdul Qadir Jaelani pada saat menerima ijazah ilmu agama dari gurunya Syekh Imam Sanusi, kurang lebih 200 tahun sebelum Syekh KH. Abdul Muhyi menemukan goa tersebut. 

Sampai pada akhirnya Goa Saparwadi digunakan oleh Syekh KH. Abdul Muhyi dalam menyebarkan ilmu agama di daerah Tasikmalaya khususnya Desa Pamijahan. Goa Karaton merupakan sebuah situs goa yang tergolong baru ditemukan di tempat wisata ziarah Pamijahan, dibandingkan dengan Goa Saparwadi yang sudah banyak di kunjungi sejak zaman dulunya. 

Goa Karaton dulunya tempat bertawajuh para waliyullah, termasuk Syekh Abdul Qodir dengan gurunya. Masjid Pusaka Pamijahan atau lebih dikenal dengan nama Masjid Kaum oleh masyarakat setempat merupakan masjid yang pertama dibangun oleh Syekh KH. Abdul Muhyi. Masjid ini dulunya terbuat dari bangunan kayu dan masjid yang aslinya sudah dibakar oleh para gerombolan pada zaman DI/TII.

Penutup

Setelah membaca artikel ini, pasti sahabat tertarik dan berminat untuk datang ke tempat ziarah di pamijahan tasikmalaya. Artikel yang saya bagikan ini merupakan hasil penelitian SEKRIPSI saya sendiri pada saat menyelesaikan studi S1 di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Tasikmalaya. Jika pergi ke tempat wisata Pamijahan, jangan lupa beli oleh-oleh pamijahan ya.

Semoga bermanfaat bagi sahabat semuanya, pembahasan tentang Objek Wisata Religi Pamijahan Tasikmalaya Jawa Barat yang di susun ini merupakan real hasil penenlitian selama bebebrapa bulan oleh saya sendiri.