Cara Mengganti Email IG Instagram
Cara Mengganti Email IG Instagram

Cara Mengganti Email IG Instagram

*Artikel diperbarui pada 3 Desember 2023

Kamu mungkin sudah terbiasa menggunakan Instagram sebagai media sosial untuk berbagi momen dan kegiatan sehari-hari. Namun, terkadang kamu ingin mengganti email IG yang terdaftar untuk berbagai alasan, seperti keamanan akun atau ingin mengganti email lama yang sudah tidak digunakan. Bagaimana cara menggantinya? Simak artikel ini untuk mengetahui caranya secara lengkap.

Sebelum masuk ke tahapan mengganti email, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Pertama, email merupakan informasi pribadi yang harus dijaga keamanannya. Kedua, pastikan kamu memiliki akses ke email baru yang akan digunakan agar proses verifikasi dapat dilakukan. Ketiga, pastikan email baru yang akan digunakan belum terdaftar di akun Instagram lain.

Cara Mengganti Email Instagram

Setelah memperhatikan hal-hal tersebut, maka kamu siap untuk mengganti email IG. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Masuk ke Akun Instagram

Buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun yang ingin kamu ubah emailnya.

Sebelum melakukan tahapan selanjutnya, pastikan kamu sudah berada di halaman profil akun Instagram. Jika belum, maka pilih ikon profil di kanan bawah layar.

2. Pilih Menu “Edit Profile”

Pada halaman profil, pilih menu “Edit Profile” yang terdapat di bawah foto dan nama pengguna.

Menu “Edit Profile” merupakan tempat untuk mengubah informasi profil, termasuk email yang terdaftar pada akun Instagram.

3. Ubah Email

Pada bagian “Informasi Pribadi”, pilih kolom “Email” dan ubah email lama dengan email baru yang ingin digunakan.

Perhatikan bahwa pada kolom “Email” terdapat tanda panah ke bawah yang dapat kamu klik untuk menampilkan email terdaftar pada akun Instagram.

4. Simpan Perubahan

Setelah melakukan perubahan, jangan lupa untuk menyimpannya dengan menekan tombol “Simpan” yang terletak di bagian kanan atas layar.

Simpan perubahan dilakukan agar email baru yang terdaftar dapat tersimpan secara otomatis pada akun Instagram.

5. Verifikasi Email Baru

Instagram akan mengirimkan email verifikasi ke alamat email baru yang telah kamu daftarkan. Buka email tersebut dan klik tautan verifikasi yang terdapat di dalamnya.

Tahapan verifikasi dilakukan untuk memastikan bahwa email yang terdaftar pada akun Instagram benar-benar milik kamu.

6. Selesai

Setelah melakukan verifikasi, email baru sudah terdaftar pada akun Instagram kamu. Kini, kamu bisa menggunakan email baru tersebut untuk berbagai keperluan pada akun Instagram.

Selesai. Itulah cara mengganti email IG secara lengkap dan mudah. Namun, sebelum memutuskan untuk mengganti email, pastikan kamu mempertimbangkan baik-baik keuntungan dan risikonya.

Keuntungan dan Risiko Mengganti Email IG

Kamu mungkin berpikir bahwa mengganti email IG tidak akan menimbulkan masalah. Namun, sebenarnya ada beberapa keuntungan dan risiko yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengganti email. Berikut adalah keuntungan dan risikonya:

Keuntungan

1. Keamanan Akun Lebih Terjaga

Dengan mengganti email, kamu dapat meningkatkan keamanan akun Instagram. Hal ini dikarenakan email merupakan salah satu informasi penting yang digunakan sebagai identitas pengguna.

2. Menghindari Penipuan

Dengan mengganti email, kamu dapat menghindari potensi penipuan atau phising yang bisa terjadi jika email lama terkena serangan.

3. Menyesuaikan Email dengan Kebutuhan

Mengganti email juga dapat dilakukan untuk menyesuaikan email dengan kebutuhan pengguna. Misalnya, ingin menggunakan email baru yang lebih profesional atau mudah diingat.

Risiko

1. Verifikasi Kembali pada Layanan Lain

Jika kamu menggunakan email lama untuk mendaftar layanan lain yang terhubung dengan akun Instagram, maka setelah mengganti email, kamu harus melakukan verifikasi kembali pada layanan tersebut.

2. Kehilangan Akses ke Email Lama

Jika kamu tidak dapat mengakses email lama, maka proses verifikasi email baru pada akun Instagram akan sulit dilakukan.

3. Perubahan Informasi Kontak

Jika kamu mengganti email, maka informasi kontak yang terhubung dengan email tersebut juga akan berubah. Hal ini bisa mempengaruhi alur komunikasi dengan orang lain.

4. Risiko Email Baru Tertipu

Jika email baru yang digunakan untuk mengganti email IG terkena serangan phising, maka akun Instagram juga bisa terancam keamanannya. Oleh karena itu, pastikan email baru yang digunakan aman dan terlindungi.

5. Pengaruh pada Algoritma Instagram

Mengganti email juga dapat mempengaruhi algoritma Instagram dalam menampilkan konten yang relevan dengan akun. Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti email dengan bijak dan mempertimbangkan keuntungan dan risikonya.

6. Proses Verifikasi yang Memakan Waktu

Proses verifikasi email baru pada akun Instagram membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Hal ini bisa mempengaruhi aktivitas pengguna pada akun Instagram.

7. Kehilangan Follower dan Interaksi

Jika setelah mengganti email, akun Instagram tidak dapat diakses atau tidak lagi terhubung dengan email yang terdaftar, maka bisa mengakibatkan kehilangan follower dan interaksi pada akun tersebut.

Cara Mengganti Email IG – Tanya Jawab

1. Apakah Bisa Mengganti Email IG Tanpa Verifikasi?

Tidak, kamu harus melakukan verifikasi email baru untuk mengganti email IG.

2. Berapa Lama Proses Verifikasi Email Baru pada Akun Instagram?

Proses verifikasi email baru pada akun Instagram dapat memakan waktu hingga 24 jam.

3. Apa yang Harus Dilakukan Jika Tidak Bisa Mengakses Email Lama?

Ada beberapa opsi yang bisa dilakukan, seperti menghubungi penyedia layanan email atau mengikuti prosedur pemulihan akun.

4. Apakah Data Akun Instagram Akan Hilang Setelah Mengganti Email?

Tidak, data akun Instagram tetap ada meskipun email diganti.

5. Apakah Bisa Mengganti Email IG Tanpa Masuk ke Akun Instagram?

Tidak, kamu harus masuk ke akun Instagram untuk mengganti email.

6. Apakah Bisa Mengganti Email IG dengan Email yang Sama dengan Akun Lain?

Tidak, email yang digunakan untuk mengganti email IG harus berbeda dengan email yang terdaftar pada akun Instagram lain.

7. Apakah Bisa Mengganti Email IG Lebih dari Sekali?

Ya, kamu bisa mengganti email IG lebih dari sekali jika diperlukan.

8. Apakah Bisa Mengganti Email IG di Aplikasi Instagram Web?

Ya, kamu bisa mengganti email IG di aplikasi Instagram web melalui browser.

9. Apakah Bisa Mengganti Email IG dengan Email yang Sama dengan Akun Instagram Lain yang Sudah Dihapus?

Tidak, email yang digunakan untuk mengganti email IG harus berbeda dengan email yang pernah terdaftar pada akun Instagram lain.

10. Apa yang Harus Dilakukan Jika Email Baru Tidak Terdaftar pada Akun Instagram?

Pastikan email baru yang digunakan belum terdaftar pada akun Instagram lain dan pastikan juga untuk menyimpan perubahan dengan menekan tombol “Simpan”.

11. Apakah Bisa Mengganti Email IG di Aplikasi Instagram di Komputer/Laptop?

Tidak, kamu tidak bisa mengganti email IG di aplikasi Instagram di komputer atau laptop.

12. Apa yang Harus Dilakukan Jika Tidak Menerima Email Verifikasi dari Instagram?

Periksa folder spam atau junk email pada kotak masuk email dan pastikan email yang digunakan untuk daftar akun Instagram masih aktif.

13. Apakah Bisa Mengganti Email IG Tanpa Akses ke Email Baru?

Tidak, kamu harus memiliki akses ke email baru untuk melakukan verifikasi email pada akun Instagram.

Kesimpulan

Mengganti email IG memang dapat meningkatkan keamanan akun dan menyesuaikan email dengan kebutuhan pengguna. Namun, pastikan kamu mempertimbangkan risiko yang ada sebelum memutuskan untuk mengganti email. Jika sudah yakin, ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas dengan cermat dan teliti.

Jangan lupa untuk mencatat informasi penting seperti email dan password agar tidak lupa. Selalu periksa email secara berkala dan jangan sampai lupa melakukan verifikasi jika terdapat email dari Instagram.

Artikel ini telah mengulas secara lengkap tentang cara mengganti email IG. Semoga informasi yang disajikan dapat membantu kamu untuk mengganti email IG dengan mudah dan aman. Jangan lupa untuk mengikuti kebijakan dan pedoman penggunaan Instagram agar akun tetap aman dan terhindar dari tindakan yang merugikan.

Check Also

Cara Menghapus Chat di FB Lite Secara Keseluruhan

Cara Menghapus Chat di FB Lite Secara Keseluruhan

*Artikel diperbarui pada 17 Februari 2024 kamu mungkin merasa kesulitan untuk menghapus chat di Facebook …

Theme Settings